Header advertisement QR:  JANGAN PERDAYAKAN MAMA PERAJUT NOKEN

JANGAN PERDAYAKAN MAMA PERAJUT NOKEN

Timoteus Marten 0 respond

Header advertisement

Diposkan oleh : on March 19, 2013 at 18:51:20 WP Cunding Levi]
Sumber :
Ketua Lembaga Ekologi Papua Titus Chris Pekey (Jubi/Levi)
Ketua Lembaga Ekologi Papua Titus Chris Pekey (Jubi/Levi)

Ketua Lembaga Ekologi Papua Titus Chris Pekey (Jubi/Levi)

Jayapura, 18/3 (Jubi) – Sekalipun tak pernah menikmati dana Otonomi Khusus (Otsus) selama ini, tetapi sangat tepat melibatkan mereka dalam pameran ini, asalkan jangan situasional.

“Jangan melibatkan mereka dalam ekspo saja setelah itu tidak perhatikan, perdayakan dan tidak kembangkan,” kata Ketua Lembaga Ekologi Papua, Titus Chris Pekey, kepada tabloidjubi.com dari Nabire, Papua, Senin (18/3) siang.

Menurut putra Papua yang membawa noken ke UNESCO, yang mengaku baru mendapat informasi tentang keikutsertaan mama-mama penjual noken dalam pameran di JCC bulan depan, sangat baik untuk Papua ke depan.

“Kalau anak noken yang duduk di pemerintahan memahami pentingnya upaya dan usaha mama-mama noken yang terus merajut dan menganyam identitas anak noken yang duduk sebagai penguasa atau staf maka jangan anggap sepele,” kata Titus.

Dia melanjutkan, sejak Otonomi Khusus (Otsus) Papua berlaku, mama-mama penjual noken tidak diperhatikan. Namun dalam ekspo yang akan digelar nanti, mereka justru hadir untuk memperlihatkan kebolehan dan kemahiran kerajinan tangan.

Kecuali itu, mereka (penjual noken) justru orang yang mempertahankan identitas dan jati diri orang Papua. Karena itu, Titus Pekey berharap, semua pihak tetap mempertahankan identitas kepapuaan orang Papua dengan memperkuat posisi mama-mama penjual noken.

Awal bulan depan, Pemda Provinsi Papua akan menggelar Ekspo Papua di Jakarta. Salah satu stand dalam pameran, disebutkan, akan ditempati mama-mama Papua yang merajut dan menjual noken. (Jubi/Timoteus Marten)

timo

About Timoteus Marten

Timoteus Marten has written 44 post in this blog.

Header advertisement
Don't miss the stories followtabloidjubi.com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Para Jurnalist se Kota Jayapura antusias mengikuti program bea siswa pasca sarjana USAID ke Amerika Serikat.(Jubi/DAM)

SOSIALISASI PROGRAM BEA SISWA KE USA BAGI JURNALIST

The Papua delegation from Netherlands Nieuw Guinea departs for the Fourth South Pacific Conferencer, held at Rabaul, 1958.(Jubi/dam)

NEDERLANDS NIEUW GUINEA DAN KOMISI PASIFIK SELATAN

Related posts