MARKETS
  • Index Regional »
  • MNC 36 Index 271.043 +2.485
  • IDX30 Index 445.177 +3.578
  • Composite Index 5089.547 +30.698
  • PEFINDO25 Listed 461.572 +3.334
  • SMI Infrastructur 359.773 +3.553
  • Index Global »
  • NASDAQ Composite 4566.138 +16.912
  • Nikkei 225 16413.76 +755.56
  • FTSE BUR MAL KLCI 1855.15 +12.37
  • Integrated Silico 12.86 0.00
  • S&P 500 1994.65 +12.35
  • NASDAQ-100 4100.637 +10.083

MUTIARA HITAM MEMBIDIK POINT DI LAGA TANDANG

Penulis : on April 11, 2013 at 00:59:47 WP

Pelatih JF Tiago, sebelum laha tandang ke Bandung dan Palembang terus memperkokoh lini belakang.(JUbi/dam)

Jayapura, 11/4(Jubi)Jelang laga tandang Persipura ke Bandung dan Palembang, beberapa hari terakhir ini. Skuad Mutiara Hitam lebih mematangkan dan memperkuat barisan pertahan. Walaupun sampai saat ini lini belakang Mutiara Hitam yang dikoordinir Octavio Dutra dan kawan-kawan termasuk tim yang paling sedikit mengalami kebobolan. Gawang Joo Jae Hoon baru kemasukan empat gol saja.

Lalu mengapa sampai jelang keberangkatan pada 11 April ke Bandung dan selanjutnya ke Palembang, tim pelatih lebih menitikberatkan pada lini belakang?  Paling tidak sejak awal pelatih kepala Persipura JF Tiago sudah mengantisipasi lini belakang. Pasalnya saat bertandang nanti melawan Bandung Raya maupun Sriwijaya FC , sudah pasti  tuan rumah akan bermain terbuka untuk menerobos lini pertahanan tim Mutiara Hitam.

Karena target Persipura sendiri dalam melakoni laga tandang harus mencuri point. Sehingga persiapan matang sudah pasti dilakukan. Walau di atas kertas  Bandung Raya meski tak sehebat Persib  Bandung akan tetapi bermain di kandang sendiri sudah pasti akan berusaha untuk memenangkan pertandingan melawan tim Mutiara Hitam pemuncak klasemen.

Pelita Bandung Raya selama beberapa kali pertandingan selalu memakai striker tunggal atau Gaston Castano sebagai target man. Peran Eka Ramdani dari lini tengah sangat besar untuk memberikan umpan ke lini depan terutama kepada Gaston Castano.

Ini berarti dalam menghadapi Bandung Raya pertarungan merebut lini tengah sangat vital sekali. Paling tidak kelihaian Gerald Pangkali, Imanuel Wanggai , Zah Rahan dan Lim Jum Sik untuk memotong bola yang akan disuplai ke lini depan. Tugas Imanuel Wanggai dan Lim Jun Sik sangat penting untuk mengwal pergerakan Eka Ramdani dalam mengatur serangan tim tuan rumah. Tentunya Eka Ramdani tidak sendiri tetapi akan ditemani oleh Dolly Gultom dan juga Dane Milavanavic.

Ferdinando Fairyo mantan pelatih Persipura U15 menyarankan sebaiknya pemain tengah atau second striker harus mencoba melakukan serangan dari lini kedua. “Akurasi tembakan keras dari jarak 40 meter. Saya kira ini bisa menjawab kebuntuan dari lini tengah hanya saja belum dimaksimalkan pemain Persipura,”kata Fairyo.

Agaknya saran mantan pelatih PON Papua 2012 ini bisa diterima karena melawan Bandung Raya nanti memilki pemain belakang yang berpostur tinggi seperti  Mijo Dadic mampu mementahkan bola-bola atas. Sebaliknya pemain bek tengah Nova Arianto sangat baik dalam menjaga lini belakang, walau terkadang pemain ini juga seringkali lambat dan banyak membikin blunder. Jika serangan anak-anak Mutiara Hitam bervariasi baik dari sisi kiri mau pun kanan dan juga lini tengah tentu tim tuan rumah akan kelabakan meladeni permainan cepat anak-anak Mutiara Hitam di Bandung. Modal awal saat Mutiara Hitam melawan Persib Bandung dengan hasil imbang bisa menjadi pemacu semangat untuk mengalahkan tim tuan rumah, Pelita Bandung Raya.

Begitu  pula tim tuan rumah Sriwijaya FC juga menargetkan memenangkan laga di kandang dan sekaligus memimpin klasemen paroh musim. Sudah tentu tim asuhan Kas Hartadi ini akan mengerahkan seluruh kemampuannya untuk menaklukan Boaz T Solossa dan kawan-kawan saat bermain di Stadion Jakabaring Palembang.

Peran Ponariyo Astaman sebagai pengatur serangan akan menjadi sangat penting untuk mengumpan bola ke pemain depan Srwijaya FC dua pemain depan masing-masing Tantan dan Samma. Walau pun pemain Hilton Morera dan Boakay Foday bermain di lini tengah tetapi sewaktu-waktu keduanya bisa  mengancam gawang Joo Jae Hoon.

Tak heran kalau persiapan terakhir sebelum bertolak ke Bandung dan Palembang, tim Mutaiara Hitam lebih menjaga kekuatan lini belakang. Walau demikian kemenangan untuk memperoleh point sempurna juga harus menjadi target. Paling tidak  memaksimalkan serangan melalui wing kiri maupun kanan dan memanfaatkan tendangan keras dari lini tengah untuk mencuri point di dua laga tandang nanti.(Jubi/Dominggus A Mampioper)

Minggus

About Dominggus Mampioper

Dominggus Mampioper has written 193 post for tabloidjubi.com.

Ajax spinner
Pilihan Editor
Back To Top