OTSUS PLUS DINILAI ‘MEMBINGUNGKAN’ OAP

share on:
Peta Papua (Jubi/ist)

Jayapura, 3/5 (Jubi)“Kita belum tahu apa yang dimaksud dengan Otsus (Otonomi Khusus) Plus. Bisa saja pemerintah RI ganti baju baru dan tetap pada kebijakan yang sama yakni setengah hati membangun Papua.”

Demikian pernyataan pers aktivis Papua, Eli Ramos Petege, saat menghubungi tabloidjubi.com di Jayapura, Jumat (3/5) melalui pesan singkatnya dari Jakarta.

Dia meminta pemerintah tidak hanya mengubah Otsus Plus, tetapi kebijakan yang diambil harus riil dan menjawab kebutuhan Orang Asli Papua (OAP).

Melalui Otsus Plus, pemerintah harus membangun pedagang Papua di seluruh Papua, membentuk pengadilan HAM, KKR, membebaskan tapol/napol, dan memenuhi  hak-hak korban kekerasan.

Tetapi lebih dari itu, Eli berharap, Otsus Plus mendorong dialog antara orang Papua dengan pemeirntah pusat. “Otsus Plus semestinya mendorong dialog Jakarta-Papua,” kata Eli.

Presiden RI SBY, akhir bulan kemarin memberlakukan kebijakan baru untuk kemajuan Papua, yaitu dengan Otsus Plus. Ini dinilai akan menjawab persoalan di Papua.

Ia menilai, jika kebijakan baru ini jauh dari kebutuhan rakyat Papua, maka tak ada makna Otsus plus bagi rakyat Papua. sama seperti Otsus sebelumnya dan UP4B. (Jubi/Timoteus Marten)

Editor : MUSA ABUBAR
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  OTSUS PLUS DINILAI ‘MEMBINGUNGKAN’ OAP