FAKTOR KEAMANAN, TIGA DAERAH BELUM DIDATA BPS

share on:
Petugas BPS Papua bertemu dengan para jurnalis (Jubi/Levi)

Jayapura, 8/5 (Jubi) – Tiga daerah yang ada di Papua yakni Distrik Angkaisera, Kepalaun Yapen, Kabupaten Puncak dan Kabupaten Puncak Jaya belum dilakukan pendataan oleh anggota sensus pertanian Badan Pusat Statistik (BPS) Papua karena faktor keamanan.

Kepala Bidang  Produksi BPS Papua, Aminadab Yoafifi mengatakan, daerah itu sulit didata lantaran konflik yang terjadi di wilayah tersebut beberapa waktu lalu.

“Di daerah tersebut lalu kan terjadi kontak senjata antar kelompok bersenjata dengan aparat kemanan. Nah hingga kini kepolisian belum memberikan jamian kamanan kepada petugas kami yang bertugas melakukan pendataan,” kata Aminadab Yoafifi, Rabu (8/5).

Menurutnya, ada sekitar 400 an petugas yang diturunkan untuk melakukan sensus pertanian tahun 2013 ini. Dimana setiap tim terdiri dari 4 orang. Sensus pertanian inikan merupakan program nasional yang dilaksanakan dalam waktu satu bulan, setiap 10 tahun sekali, pada tahun yang berakhiran dengan angka tiga,” ujarnya.

Dikatakan, tujuan sensus pertanian tersebut guna mendata seluruh potensi pertanian dalam delapan sub sektor. “Sub sektor itu diantaranya tanaman pangan, holtikultura, perkebunan, perikanan, kehutanan, peternakan dan jasa pertanian,” katanya. (Jubi/Arjuna) 

Editor : dominggus a mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  FAKTOR KEAMANAN, TIGA DAERAH BELUM DIDATA BPS