Header advertisement QR:  PERINGATAN 1 MUHARRAM MOMENTUM MENINGKATKAN TOLERANSI UMAT BERAGAMA

PERINGATAN 1 MUHARRAM MOMENTUM MENINGKATKAN TOLERANSI UMAT BERAGAMA

Islami Adisubrata 0 respond
Diposkan oleh : on November 9, 2013 at 21:55:32 WP Albert Yomo]
Sumber :
Peringatan 1 Muharram 1435 Hijriah Ikatan Keluarga Maluku Tengah di wilayah Pegunungan Tengah. (JUBI/ISLAMI)
Peringatan 1 Muharram 1435 Hijriah Ikatan Keluarga Maluku Tengah di wilayah Pegunungan Tengah. (JUBI/ISLAMI)

Peringatan 1 Muharram 1435 Hijriah Ikatan Keluarga Maluku Tengah di wilayah Pegunungan Tengah. (JUBI/ISLAMI)

Wamena, 9/11 (Jubi) – Ikatan Kerukunan Masyarakat Maluku Tengah di wilayah Pegunungan Tengah Papua menggelar peringatan 1 Muharram 1435 Hijriah bersama, yang diselenggarakan di Gedung Ukhumiarek Asso, Wamena, Sabtu (9/11).

Mengusung tema peringatan 1 Muharram “Dengan semangat 1 Muharram 1435 Hijriah kita mempererat hubungan antara warga Maluku Tengah dan umat beragama se Pegunungan Tengah”, warga Maluku Tengah yang berada di Kabupaten Jayawijaya maupun di seluruh wilayah se-Pegunungan Tengah Papua pada umumnya, diminta terus meningkatkan hubungan yang semakin erat, baik sesama masyarakat Maluku Tengah maupun dengan umat beragama lainya.

Hikmah peringatan 1 Muharram 1435 Hijriah yang disampaikan Ustadz Hamsin Haruna, S.Hi menjelaskan, selaku umat beragama khususnya bagi umat Muslim haruslah yakin bahwa segala yang diperbuat manusia akan selalu diawasi oleh Allah SWT.
“Maka dari itu, jika kita yakin selalu diawasi oleh Allah SWT, maka kita akan takut jika berbuat sesuatu yang dilarang oleh Allah SWT,” ujar Hamsin Haruna.

Header advertisement

Disampaikan pula, jika manusia khususnya masyarakat Maluku Tengah diberi kesempatan untuk saling bersilahturahmi, gunakanlah kesempatan itu dengan baik terutama terhadap antar umat beragama.

Disisi lain Bupati Jayawijaya, Wempi Wetipo dalam sambutanya yang diwakilkan oleh Asisten I Sekda Jayawijaya, Drs. Chris Manuputy, MM menjelaskan, pemerintah daerah mengapresiasi peringatan 1 Muharram 1435 Hijriah ini dengan positif dalam rangka membangun rasa persatuan antar umat beragama, khususnya di Kabupaten Jayawijaya.
“Kepada keluarga besar Maluku Tengah di Jayawijaya ini, diharapkan dapat mempererat hubungan antar umat beragama serta lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT,” terang Bupati.

Selain itu, diharapkan pula moment peringatan 1 Muharram ini dapat direnungkan dalam turut berpartisipasi aktif dalam pembangunan khususnya di Kabupaten Jayawijaya.
“Kita boleh berbeda agama, adat istiadat tetapi tidak memisahkan kita untuk bersatu dalam pembangunan sesuai dengan moto kabupaten Jayawijaya “Yogotak Hubuluk Motok Hanorogo” yang mempunyai makna hari ini harus lebih baik dari hari kemarin,” tandas Bupati.

Sementara itu Kepala Suku Maluku Tengah di Pegunungan Tengah Papua, Christian Sohilait mengungkapkan peringatan 1 Muharram 1435 Hijriah ini merupakan kegiatan pertama dalam kepengurusan Kerukunan Keluarga Maluku Tengah di Pegunungan Tengah sejak dilantik beberapa waktu lalu.
“Momentum ini penting, untuk kita semakin mempererat hubungan kita di tanah rantau. Dalam tema yang diusung pula, jangan hanya menjadi slogan, tetapi benar-benar diwujudkan,” ungkap Chris Sohilait. (JUBI/ISLAMI)

islami

About Islami Adisubrata

Islami Adisubrata has written 312 post for tabloidjubi.com.

Header advertisement