Disayangkan Pemain Usia Dini Dari Papua Hanya Satu

Image Jubi- Pelatih Sekolah Sepak Bola Emsyk Jayapura Johanes Songgonao mengatakan mestinya tim pemandu bakat khusus untuk pemain usia dini lebih banyak merekrut talenta talenta dari tanah Papua.

“ Sangat disayangkan untuk Piala Asia ke Uzbekkistan beberapa waktu lalu hanya Samuel Kowet yang direkrut memperkuat skuad U15 PSSI selebihnya ada sekitar enam pemain dari Maluku mendominasi,”ujar Johanes Songgonao kepada Jubi di Jayapura, Rabu (24/12).

Bukan itu saja tetapi dalam pemilihan pemain masa depan Indonesia yang kini berguru di Uruguay hanya sebatas pemain pemain di wilayah Jakarta dan Tangerang saja sedangkan di luar itu sama sekali tidak dilirik. “Padahal tim pemandu bakat ini melakukan pemantauan saat seleksi pemain saat kompetisi Medco Cup U 12 dan Olimpiade SMP U 15 yang dilakukan di Jakarta setiap tahun,”ujar Songgonap kesal seraya menegaskan dalam kompetisi yang digelar Papua selalu tampil dengan materi pemain terbaik dalam segala kelompok usia. “Saat kejuaraan U15 di Ambon beberapa waktu lalu pemain pemain usia dini dari Papua tampil cemerlang dan mengundang simpati dan pujian dari berbagai pihak,”ujarnya.
Ditambahkan saat ini dari Papua ada dua kesebelasan Persipura dan Persiwa sama sama bercokol di papan atas dalam Indonesia Super Liga. Selain dalan Liga Utama ada Perseman Manokwari, Persidafon Kabupaten Jayapura dan Persiram Raja Ampat. Berdasarkan fakta diatas lanjut Songgonao berarti lapisan dibawahnya juga memiliki kualitas yang hampir sama dengan tim senior. “Saat ini saja Persipura U21 tetap bertengger di puncak klasemen Indonesia Super Liga U 21 Wilayah Timur,”ujar Songgonao. (Makawaru da Cunha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *