Anggaran Pendidikan Dikhawatirkan Semakin Terjepit

ANGGARAN pendidikan di Departemen Pendidikan Nasional dikhawatirkan terjepit oleh semakin besarnya biaya tunjangan profesi guru. Anggaran pendidikan tersebut nantinya tak memberikan dampak pada peningkatan sarana dan program pendidikan secara keseluruhan. Pagu anggaran Depdiknas untuk APBN tahun 2010 sebesar Rp 61 triliun.
Anggota Panita Anggaran sekaligus anggota Komisi X DPR Aan Rohanah mengungkapkan kepada Kompas Rabu (10/6), panitia anggaran tengah memikirkan agar tunjangan guru sekitar Rp 12 triliun yang sudah rutin diusulkan dipindahkan ke DAK sehingga tak membebani angggaran Depdiknas.
Apalagi pagu dari tahun ke tahun pada dasarnya tak ada kenaikan secara signifikan. Dengan dimasukan gaji guru sebagai bagian dari anggaran  fungsi pendidikan sehingga presentasenya mencapai 20 persen, maka diperkirakan sulit adanya kenaikan anggaran pendidikan termasuk untuk Depdiknas kedepan. Kalau dipindahkan ke DAU, dengan dana yang sudah ada setidaknya pemerintah bisa lebih leluasa sedikit untuk memanfaatkan bagi program program lainnya.   

Letisia Virginia
Perumnas II Waena Abepura-Jayapura

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *