Budiono: Perlu Sinkronisasi Program Untuk Bangun Papua

JUBI—Dalam lawatannya ketiga daerah di Papua yang berakhir di Kabupaten Merauke, Wapres terpilih Prof. DR. Budiono mengatakan masih terdapat sejumlah permasalahan di Papua yang harus segera disinkronisasi. Diantaranya adalah masih adanya hubungan yang belum optimal antar Papua dengan daerah lainnya di Indonesia sebagai satu kesatuan.

Sehingga dalam programnya ke depan bersama Presiden SBY, dirinya berkomitmen untuk merekatkan kembali komponen di Indonesia. “Ini yang menjadi perhatian, di samping masalah perhubungan antar daerah yang selalu menjadi prioritas,” tutur Budiono dalam dialog yang dilakukan bersama para tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh perempuan yang berlangsung di halaman SMK Urumb (30/9).
Dalam lawatannya yang juga dihadiri sejumlah pejabat Provinsi Papua seperti Wagub. Alex Hesegem, Kapolda Papua dan juga Bupati Pegunungan Tengah, Budiono juga menyinggung Inpres Nomor 05 tahun 2007 yang menurutnya merupakan sebuah kerangka yang bagus dan relevan bagi Papua. Sehingga jalan yang terbaik untuk mendorong percepatan pembangunan di Papua adalah dengan mengefektifkan kembali Inpres tersebut melalui kerangka sinkronisasi program. “Saya yakin, dengan kebersamaan dan sinkronisasi, kondisi Papua 5 tahun mendatang dapat diperbaiki,” ujarnya.
Terhadap permasalahan dana yang tersedia dari pusat hingga daerah, Budiono menilai masih ada ketidakpuasan masyarakat terhadap pemanfaatan dana tersebut. Sehingga untuk menyelesaikannya, perlu dilakukan tata kelola pemanfaatan dana agar masyarakat dapat merasakan manfaatnya.”Bila perlu ada langkah tegas untuk menghindari kebocoran,” tegas Budiono mengakhiri. (drie/Merauke)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *