Pemda Harus Sosialisasi Perda Dukung PAD di Asmat

JUBI — Salah satu langkah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Asmat, adalah merancang dan mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) tentang retribusi dan pajak daerah.
 
Tokoh Lembaga Masyarakat Adat (LMA), Sotter Syuru,  di Agats,  Asmat, Rabu, (30/9) mengatakan, setelah disahkan, Perda tersebut harus segera disosialisasikan supaya bisa mencapai langkah pengukuran atau penilaian atas pungutan daerah. Sejumlah Perda yang pernah diturunkan di tahun 2008, kata Sotter, sebenarnya telah diterbitkan sebagai langkah terobosan pembangunan, namun nyatanya belum terwujud hingga sekarang. “Perda pajak dan retribusi daerah sudah disahkan pemerintah satu tahun lalu. Tapi belum ada kejelasan, apakah sudah berjalan atau tidak,” tuturnya.
Perda yang belum dijalankan diantaranya, Retribusi Pelayanan Pasar, Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah, Pajak Hotel, Pajak Restoran dan Pajak Reklame. “Sebenarnya masih banyak lagi sumber yang dapat kita gali dan kembangkan sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah,” katanya. (Willem Bobi/Agats)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *