Sampah Berserakan Penuhi Auditorium Uncen

JUBI— Sampah berserakan penuhi halaman Gedung Auditorium baru milik Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Papua pada acara wisuda ribuan sarjana Uncen, Rabu (30/9).

Banyaknya sampah bertebaran disebabkan tak adanya tempat penampung sampah. Sampah seperti bekas botol plastik, kulit pinang, dan lain-lain mewarnai buruknya penanganan pasca diresmikannya Gedung Auditorium Uncen Selasa kemarin.
Julian Howay (26), salah seorang mahasiswa Uncen kepada JUBI di halaman Auditorium Uncen, di Abepura, Rabu (30/9) mengatakan, seharusnya ada tempat sampah yang diletakkan disepanjang halaman Auditorium. Sehingga sampah tersebut bisa dibuang ditempat yang telah disediakan.
Baginya, jika seperti ini, akan sangat sulit dibersihkan. Pasalnya, sepanjang selokan pembuangan disepanjang halaman ditutupi dengan besi. “Kalau sampah dibuang sembarang begini, ya jelas nanti susah dibersihkan. Khususnya yang sudah dibuang ke dalam selokan,” ungkapnya. Lanjut dia, seharusnya pihak Uncen menyiapkannya sebelum pegelaran acara wisuda dilakukan. Dengan begitu, maka halaman Auditorium tetap bersih. “Masa kemarin Gedung ini baru diresmikan, tapi tidak ada tempat sampahnya?” tanyanya.
Menurutnya, walaupun hal ini kecil namun memberi dampak yang besar. Untuk itu, kata dia, kedepan harus dapat diperhatikan dengan baik. “Kalau bisa, selesai wisuda, pihak Uncen sudah harus menyiapkan beberapa tempat sampah untuk ditaruh disepanjang halaman Auditorium,” tegasnya.
Sementara itu, Andre Wabdaron mengungkapkan, seharusnya pihak Uncen menyiapkan tempat sampah sebelum peresmian Auditorium. “Hal ini juga harus diperhatikan oleh Menwa yang ditugaskan. Mereka tak hanya menjaga keamanan, namun ketertiban dan kenyamanan di sekitar Auditorium,” ujarnya. (Ronald/Musa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *