Warga Antusias Sambut Pesta Budaya Asmat

JUBI — Jelang sepekan perayaan Pesta Budaya Asmat, antusiasme warga yang berkunjung ke Asmat semakin tinggi. Semangat masyarakat, juga antusiasme para pengukir nampak dari usaha dan upaya mereka menjadi peserta pesta budaya yang akan dilaksanakan pekan depan.
 
“Kami berharap semoga bisa ikut lelang di pesta budaya kali ini,” ujar salah satu pengukir, Marko yang ditemui JUBI, Rabu (30/9) di kompleks pasar Agats. Bersama keempat rekan lainnya, Marko mempersiapkan berbagai ukiran untuk mengikuti Pesta Budaya Asmat yang akan dilaksanakan pada 4 hingga 14 Oktober 2009 mendatang. Selain Marko, masih ada juga warga lain yang membuat ukiran patung, panel dan ukiran khas Asmat lainnya.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Asmat, Simon Junumpits, S.Pd, di ruang kerjanya, Rabu (30/9) mengatakan, sebanyak 230 peserta pamahat dan pengukir dari berbagai rumpun dan wilayah yang ada di Asmat akan memadati kota Agats pekan depan. “Dalam acara pesta budaya, ada eksebisi ukiran patung cerita, ada giliran pajangan hasil kerajinan kaum perempuan dan ada juga pelelangan terbuka. Peserta yang tidak masuk sebagai peserta pelelang, hasil ukirannya akan dijual lepas oleh masyarakat sendiri di kota Agats,” terangnya.
Simon memperkirakan, perayaan pesta budaya tahun ini akan ramai mengingat beragam macam ukiran dan jenis patung dilelang di lapangan terbuka Agats. “Banyak pengunjung dan pembeli yang akan datang ke kota Agats, jadi pesta budaya kali ini akan ramai,” jelasnya. (Willem Bobi/Agats)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *