Musa’ad: Jabatan Keluarga adalah Kecelakaan

JUBI—Kepala Demokratic Centre Universitas Cenderawasih (Uncen) Muhammad Abu Musa’ad Kepada JUBI, Sabtu (31/10) mengatakan, Ketua DPR Kota Jayapura periode 5 tahun mendatang yang dijabat Ny.W W Kambuaya, selaku istri dari Walikota Jayapura, MR. Kambu merupakan sebuah kecelakaan. Diharapkan kejadian ini merupakan pertama dan yang terakhir.

Dikatakan Musa’ad, pemimpin yang notabene hidup dalam satu rumah dari segi pengawasan dan koreksi susah dilakukan dengan berbagai pertimbangan. “Kejadian semacam ini merupakan suatu kecelakaan yang tak disangka. Kita berharap ini yang pertama dan terakhir karena sudah berjalan,’ ujar Musa’ad.
Musa’ad mengatakan, kejadian semacam ini pernah terjadi dibeberapa wilayah di Indonesia dimana pemimpin Daerah dijabat oleh keluarga secara bersamaan. Akibatnya, kerap mendapat sorotan dari publik.
Menurutnya, meskipun masa kepemimpinan Walikota, MR. Kambu, tidak beberapa lama lagi akan diganti, namun hal ini merupakan kesalahan dalam berdemokrasi. Disini, kata dia, perlu ada pengawasan yang ketat dari seluruh rakyat terutama anggota DPRD yang lain dalam melihat kinerja keduanya.
Ketua DPRD Kota Jayapura, W W Kambuaya berasal dari Partai Golkar. Dia terpilih karena Golkar meraup kursi signifikan dalam lembaga ini. “Ini memang sesuai aturan, dimana suara terbanyak partailah yang berhak menduduki posisi ketua, dan Golkar telah melakukan itu, tapi yang perlu dilihat disini adalah jangan sampai kinerjanya terganggu dengan urusan suami istri antara ketua DPRD dan Walikota,” katanya. (Yunus Paelo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *