Pemprov Bangun PLTA Raksasa di Komauto

JUBI — Pemerintah Provinsi Papua saat ini mulai membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Kabupaten Paniai. PLTA tersebut tergolong mega proyek dan akan menjangkau 7 wilayah kabupaten.

“Dananya sudah dianggarkan, seperti disampaikan Bapak Gubernur Papua saat penanaman pohon di Ipakiye. Jadi pembangunan PLTA di Komauto akan dikerjakan tahun depan,” kata Bupati Paniai, Naftali Yogi kepada JUBI usai membuka sebuah diskusi di Aula SKB Enarotali, Senin (30/11) pagi.
Daerah yang belum terlayani fasilitas penerangan tak perlu tinggal dalam kegelapan. Karena kata Yogi, PLTA Komauto akan menerangi Timika, Deiyai, Paniai, Dogiyai, Intan Jaya, dan Puncak Jaya.
“Kita tidak akan repot dengan listrik.”
Selain kepentingan membantu menyuplai energi listrik kepada masyarakat umum, keberadaan PLTA Komauto juga untuk mendukung rencana pembangunan pabrik semen di Timika.
“PLTA raksasa itu akan dibangun untuk kepentingan pabrik semen, juga akan mendukung program pengembangan kota pariwisata di Paniai,” sebut Naftali.
Sebelumnya, Gubernur Papua, Barnabas Suebu mengatakan, proyek PLTA dan proyek semen tersebut dibawah kendali Dinas Perhubungan dan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua. Dua instansi ini diberi tugas untuk menyiapkan sarana infrastruktur berupa pembangunan jalan dan air sebelum merealisasikan pembangunan PLTA di Komauto dan Pabrik Semen di Timika.“Baru-baru ini saya sudah survei lokasi dengan menggunakan helikopter. Debit air cukup karena ada beberapa sumber air, sehingga listrik dari PLTA itu nantinya akan menjamin 7 kabupaten di kawasan ini,” kata Suebu. (Markus You)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *