BI: Pertumbuhan Ekonomi Papua Membaik

JUBI — Pimpinan Bank Indonesia Provinsi Papua, Leo Tandiarrang di Jayapura, Rabu (30/12) mengungkapkan selama 2009, ekonomi Papua menunjukkan pertumbuhan yang semakin membaik.

Tercermin dari pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), dimana pada 2007 sebesar Rp 19,2 triliun dan 2008 Rp 19,3 triliun. Di 2009 diperkirakan mencapai Rp 23,13 triliun.
Dikatakannya, perekonomian Papua pada triwulan III 2009 mengalami pertumbuhan sebesar 19,90 persen lebih tinggi dibanding dengan pertumbuhan nasional yang tercatat sebesar 4,20 persen.
“Apabila dibandingkan dengan triwulan sebelumnya, perekonomian Papua mengalami kontraksi sebesar minus 6,97 persen,” kata Leo.
Sementara itu, perekonomian Papua pada triwulan IV 2009 diperkirakan tetap mengalami pertumbuhan yang positif seiring dengan membaiknya kinerja ekspor khususnya komoditas sektor pertambangan (konsentrat tembaga).
“Pertumbuhan positif juga terjadi pada sejumlah sektor, dimana terkait dengan faktor musiman berupa perayaan Natal dan Tahun Baru seperti perdagangan, hotel dan restoran, angkutan, komunikasi dan pertanian,” ujarnya. (Marcel)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *