Eceng Gondok Kotori Danau Paniai

JUBI — Eceng Gondok yang saban hari tumbuh subur di pinggir Danau Paniai, akan dibersihkan sekaligus dimusnahkan. Sebab jika dibiarkan, dampaknya selain bikin kotor danau, juga akan mengganggu perahu dan speedboat. Tentu pula berimbas pada ekosistem yang ada di Danau Paniai.

“Kita akan laksanakan tahun ini, karena sudah kami programkan,” ujar Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedalda) Kabupaten Paniai, Barnabas Gobay kepada JUBI di Madi, Sabtu (30/1) siang.

Diakuinya, selama ini belum ada upaya memusnahkan rumput Eceng Gondok secara keseluruhan. Hanya sekali dibersihkan dengan membentuk kelompok kerja. Pembersihannya dilakukan oleh masyarakat di Aikai, Ibumoma dan Kebo.

“Satu sisi, Eceng Gondok ini memang rumput liar yang bisa berbahaya. Disi lain ada kegunaan jika diambil batangnya untuk kemudian dibuat tali, sampahnya bisa dijadikan pupuk, juga manfaat lain,” sebut Barnabas.

Lokasi sekitar Danau Paniai yang ditumbuhi Eceng Gondok antara lain di Distrik Paniai Timur dan Distrik Kebo. Misalnya seputar Kampung Aikai, Ibumoma, Weyabado, Dagouto, Agabado, Waneuwo, Kagupagu, dan Yagai. (Markus You)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *