Nama Port Numbay Akan Mempengaruhi Semua Sisi

JUBI — Wacana pergantian nama Kota Jayapura menjadi Port Numbay, dinilai dapat mempengaruhi pergantian nama-nama tempat dan wilayah yang ada dalam kota yang dahulunya bernama Hollandia.

Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Port Numbay, George Awi, di Jayapura, Sabtu (30/1) mengatakan “yang pasti nama-nama tempat  akan  dirubah sesuai adat dan budaya masyarakat setempat.”

Awi menuturkan bahwa tidak ada yang salah, jika nama kota ini dirubah, sebab masyarakat adat juga telah memberikan persetujuannya.

Ia menegaskan dampak ketika memakai nama baru adalah hal yang wajar, disamping telah mencerminkan adat dan budaya masyarakat Port Numbay. “Bisa jadi nama jalan jalan utama juga akan dirubah,” ujarnya.

Ketika ditanya soal nama Persipura Jayapura, ia menjawab bisa saja diganti dengan nama yang baru, walau nama tim sepakbola kebanggaan Papua ini telah berdiri sejak lama. “Hal ini tergantung dari kesepakatan dan kebijakan yang akan diambil nantinya oleh Persipura sendiri,” tukasnya.

Soal pergantian nama, katanya, berpulang pada kebijakan pemerintah kota dan dukungan masyarakat. “Karena nama bisa menunjukan suatu kebanggaan dan identitas daerah serta adat dan budaya,” tutur Awi.

Dirinya berharap soal dampak perubahan nama menjadi Kota Port Numbay dapat berjalan baik, sehingga masyarakat merasa memiliki kota dan ikut membangun bersama pemerintah. “Kalau memang ini aspirasi masyarakat, maka jangan dihalangi oleh siapapun,” tandasnya. (Eveerth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *