Warga Minta Pemerintah Kaji Nama Port Numbay

JUBI — Amoye Pekei, warga Padang Bulan Abepura, meminta Pemerintah Provinsi maupun Kota Jayapura melakukan kajian terhadap nama Port  Numbay yang rencananya akan digunakan untuk menggantikan nama Jayapura pada peringatan satu abad Kota ini nanti.

Jika nama Port Numbay merupakan nama asli sebelum Jayapura maka harus digunakan. Menurutnya, pergantian nama Jayapura tak usah dikaitkan dengan berbagai kepentingan.

Jika pergantian nama ini dilakukan atas dasar kepentingan politik maka akan menimbulkan konflik diantara masyarakat. ”Harus ada kajian mengenai nama Port Numbay sebelum hari peringatan ulang tahun kota ini,” kata Pekei di Abepura, Sabtu (30/1).

Lanjut dia, kajian ini jika ada dibenak pemerintah maka jelas harus ada tim pengkajian.

Dia menuturkan, yang harus dilakukan tim diantaranya mencari data mengenai asal nama Port Numbay dari tetua adat asal Jayapura ataupun para ondoafi dan kepala suku asli kota ini.

”Kalau sudah ada penjelasan mengenai asal nama Kota Jayapura, sudah barang tentu dengan sendirinya pergantian nama kota Jayapura akan disambut baik oleh masyarakat,” terangnya.

Dalam tim itu, kata Pekei, tak boleh ada kepentingan lain. Ia menyarankan, jika ada kepentingan politik didalamnya, maka lebih baik pengkajian itu dibatalkan.  ”Jangan ada kepentingan pemilu atau kepentingan calon walikota,” tandasnya. (Ronald Manufandu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *