Viktor Kaisiepo Tutup Usia

JUBI – Viktor Kaisiepo, Tokoh Papua yang selama ini dikenal sebagai juru bicara OPM dan juga pelobby hak-hak orang Papua di PBB meninggal dunia pada hari Minggu, 31 Januari 2010. Demikian diberitakan oleh Radio Nederland Werelsomroep. Almarhum tutup usia di rumahnya, di Amersfoort, Belanda.
Semasa hidupnya, almarhum dikenal sangat gigih memperjuangkan hak-hak orang asli Papua dan pelurusan sejarah bangsa Papua. Ia juga merupakan salah satu anggota Dewan Presidium Papua yang secara terus menerus mengkampanyekan persoalan Papua di Eropa.
Dalam salah satu wawancaranya dengan Radio Netderland Worelsomroep, ia menyebutkan bahwa banyaknya tentara yang masuk ke telah menyulitkan pandangan politik. Sebab ini menunjukkan adanya dua kuasa di Jakarta,  yakni kuasa yang di atas UU dan kuasa yang di bawah UU. Kuasa sipil dan kuasa tentara. Untuk itu, masyarakat di Papua harus melihat dan menetapkan kebutuhannya sendiri. Jika butuh tujuh propinsi, biarlah orang Papua sendiri yang tentukan. Bukan Jakarta atau pihak lainnya.
Almarhum lahir di Papua sewaktu daerah itu masih merupakan bagian dari Belanda. Setelah Papua diserahkan pada Indonesia keluarganya pindah ke Belanda. Ayah Kaisiëpo juga terkenal sebagai pejuang kemerdekaan Papua. Viktor Kaisiëpo meninggal dalam usia 61 tahun setelah menderita sakit yang cukup lama. (Victor Mambor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *