Lawan Berikut di LCA, Terkuat Di Asia

JUBI — Kekalahan telak 4-1 Persipura dari Jeanbok Hyundai Motors telah menunjukan keperkasaan klub asal Korea Selatan ini sangat sulit ditundukan tim Mutiara Hitam.

Kompetisi antara Indonesia dan Korea jelas jauh berbeda kelas. Sehingga benar kata JF Tiago, hanya mujizat dan kerja keras yang bisa membawa keberuntungan bagi Persipura.

Lawan berikut Persipura adalah Changchun Yatai FC dari Kota Changchun, China. Klub ini merupakan runner up dalam Chinese Super League (CSL) 2008-2009. Juara CSL sendiri dipegang Beijing Guo’an.

Klub asal China ini pernah juga mengalami kekalahan 0-1 saat melawan juara J League, Kashima Antlers. Gol tunggal kapten Koji Nakata membawa kemenangan bagi Kashima Antlers setelah dia menerima umpan terobosan dari gelandang Takuya Nozawa.

“Kami menargetkan kemenangan musim ini,” ujar kapten Kashima Antlers

Saat melawan Changchun Yatai FC, klub Jepang yang telah tujuh kali memenangkan Liga Jepang ini melakukan inisiatif menyerang, dan menerobos benteng pertahanan runner up CSL 2009.

Kiper Changchun, An Qi beberapa kali menyelamatkan gawangnya dari serbuan anak-anak Jepang termasuk tandukan bek Toru Araiba. Begitu pula peluang dari Nakata yang mengheading bola dan tembakan keras dari pemain tengah Kashima asal Brasil Gabriel Fellype yang berhasil ditepis.

Kashima Alters Aroma Brasil
“Kami menciptakan banyak peluang mencetak gol dan juga tidak membiarkan lawan kita untuk memainkan permainan mereka. Kami melakukannya dengan cukup baik dan memberikan rasa percaya diri,” ujar pelatih asal Brasil Kashima Alters Oswaldo Oliveira.

Meski memenangkan pertandingan, Oliveira mengaku sangat sulit untuk bersaing di Liga Champions Asia. “Ini tidak mudah untuk mendapatkan sebuah kemenangan,” tukasnya sebagaimana dilansir dari FIFA.com.

Jika menyimak pertandingan antara Jepang dan China, jelas mereka memiliki skill individu yang bagus dengan kemampuan heading. Apalagi beberapa pemain mereka memiliki postur tubuh yang tinggi seperti banyak pemain Jeanbok Hyundai Motors dari Korsel.

Lawan selanjutnya Persipura di Jakarta pada 30 Maret adalah Kashima Antlers, juara tujuh kali Liga Jepang (1996, 1998, 2000, 2001, 2007, 2008 dan 2009).

Klub ini juga pernah tiga kali merebut tropi Piala Kerajaan dan tiga kali Juara J Leagua Cups serta J League Super Cup.

Faktor kunci keberhasilan tim ini karena memiliki hubungan kedekatan dengan Brazil. Tercatat memiliki pemain pilar Brasil antara lain Zico (1992-1994); Leonardo (1994-1996) dan Jorginho. Bahkan pelatih mereka sekarang, Oswaldo Oliveira, juga berasal dari negeri Samba, Brasil.

Jeanbuk Hyundai Motors Juara Champion Asia 2006
Kesebelasan Kashima Antlers pertama kali lahir sebagai klub amatir milik perusahaan Sumitomo Metal Industries pada tahun 1947. Ketika pertama kali  J. League dimulai, mereka melebur ke dalam tim profesional pada akhir 1980-an.

Dukungan perusahaan bagi klub ini sangat besar termasuk pembangunan stadion dan mendatangkan Zico alias Pele Putih dari Brasil.

Selanjutnya tercatat sejumlah pemain Brasil lainnya menjadi legendadi Kashima Alters, antara lain Jorginho, Mazinho dan Leonardo.

Yang menarik dari klub-klub Jepang dan Korea adalah, terdapat aroma permainan gaya Brasil, termasuk Persipura Jayapura yang juga memiliki pemain Brasil dan pelatih asal Brasil.

Klub Korea sendiri memiliki dua pemain asal Brazil, masing-masing Luiz Hendrik (Striker) dan Enio Olivera Junior, pemain belakang. Saat bertanding melawan Persipura di Jakarta, hanya Luiz Hendrik yang diturunkan pelatih Korea Choi Kanghee.

Sedangkan kesebelasan Jeonbuk Hyundai Motors, pernah menjadi juara Champion Asia pada 2006 dan telah beberapa kali menjuarai Korea League. (Dominggus A Mampioper)

Jadwal Pertandingan :
1.       9 Maret,  tempat di Changchun City Stadium, Persipura vs tuan rumah Changchun Yatai FC.
2.       24 Maret, tempat di Stadion Bung Karno Senayan Jakarta, Persipura vs Kashima Alters Jepang.
3.       14 April, tempat di Jeonju World Cup Stadium Korsel, Persipura vs Jeonbuk Hyundai Motors.

Hasil Pertandingan :
1.       Persipura (1) vs Jeanbuk Hyundai Motors (4)
2.       Kashima Alters (1) vs Changchun Yatai FC (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *