Bambang: Koperasi ”Terbang” Menguntungkan

JUBI — Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Merauke, Ir Bambang Dwi Atmoko, MSi mengatakan pembentukan Koperasi ”Terbang” (Ternak Bangkit) dilingkungan Dinas Peternakan sangat menguntungkan.

”Banyak orang merasa terbantu dengan Koperasi ini,” katanya dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) Ke-2 2009 di Rumah Makan Panorama, Sabtu (27/2).

Menurut dia, berbagai keuntungan sudah diperoleh walaupun kecil pendapatan. Banyak anggota koperasi ini juga turut berkontribusi. ”Mulai dari pengurusnya hingga anggota,” ujarnya.

Menurut dia, hal positif yang telah lakukan adalah pengangkatan manager baru. Selain itu, tetap mengadakan Rencana Tindak Lanjut (RTL).

Koperasi Terbang dibentuk Januari 2008. Mendapat pengesahan menjadi Badan Hukum pada tanggal 9 Februari 2008 dengan nomor 218/XXXII.2/II/2008.

Saat itu, anggotanya 31 orang. Namun pada akhir 2008, jumlah tersebut bertambah menjadi 51. Di 2009, jumlahnya telah mencapai kurang lebih 70 anggota.

Unit-unit usaha Koperasi ”Terbang” adalah Usaha Toko, Unit Usaha Simpan Pinjam, Usaha Pengelolaan Bakso, Usaha Pakan, Usaha Pupuk Padat dan Cair, Usaha Kontrak/Proyek, Usaha Pemasaran Bibit, Usaha Poultry Shop, dan Unit Usaha Mesin Tetas.

”Dari 10 unit ini, yang berjalan hanya dua unit yaitu Usaha Pertokoan dan Usaha Simpan Pinjam. Yang lainnya belum berjalan karena kekurangan modal awal,” kata Bambang.

Dia mengatakan, sejak berdiri, Koperasi ”Terbang” mendapatkan modal awal dari anggota berupa simpanan pokok dan simpanan wajib. Simpanan Pokok sebesar Rp 200.000 per orang. Sedangkan Simpanan Wajib sebesar Rp 5.000.

Dalam perkembangannya, Simpanan Pokok menjadi Rp 10.200.000. Di tahun 2009, berkembang lagi menjadi Rp 16.200.000, naik sebesar Rp 6.000.000 (58 %).

”Saya percaya kalau dikelola oleh pengurus yang jujur dan berjiwa bisnis, Koperasi ”Terbang” ini akan makin maju,” ujarnya. (Agapitus Batbual)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *