Moyuend: Kembalikan Keaslian Budaya Papua

JUBI — Wakil Ketua Lembaga Masyarakat Adat Merauke, Alberthus Gebze Moyuend, dalam sebuah ritual adat mengiringi deklarasi dirinya sebagai calon Bupati Merauke bersama Carolus Kerok, Selasa (30/3) mengatakan, budaya Papua sudah sepantasnya dikembalikan pada nilai aslinya.

Mouyend memandang, nilai luhur adat Papua makin terkikis oleh banyak pengaruh. Jika pemerintahan mendatang bisa lebih fokus mengembalikan adat yang utuh, tentu kehidupan bermasyarakat juga akan jauh lebih baik.

“Saya ingin mengembalikan keaslian budaya Papua di Kabupaten Merauke,” kata Mouyend.

Acara deklarasi Mouyend diwarnai dengan pawai sejumlah etnis Papua, ritual adat ‘Bakar Sep’ dan pelepasan panah ke udara.

Ditanyai mengenai kepastian dirinya untuk mendaftarkan diri di KPUD, Moyuend mengatakan masih membuka kesempatan bagi partai politik untuk mengusungnya.

”Kami masih memberikan kesempatan kepada Parpol dan memberikan waktu untuk terjadinya tawaran partai,” ujarnya.

Kendati demikian, dirinya cukup optimis jika tak mendapat usungan dari Partai Politik. Pasalnya, untuk maju secara perseorangan, pihaknya telah mengumpulkan 20.000-an surat pernyataan dukungan.

“Jadi saya menggunakan dua opsi, jika tidak ada partai yang mendukung, maka saya akan maju dari calon independen,” pungkasnya. (Indri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *