KIPRA: Pemerintah Harus Tegas Bangun Pasar bagi Pedagang Papua

JUBI — Yayasan Konsultasi Independen Pemberdayaan Rakyat (KIPRA) Papua di Jayapura menyatakan, tak terealisasinya pembangunan pasar untuk pedagang Papua tidak hanya dipengaruhi oleh kurangnya perhatian dari pemerintah, tapi juga karena tiadanya dukungan dari lembaga lain.

Markus Kajoi, direktur KIPRA Papua mengatakan, rencana pembangunan pasar yang telah memasuki usia delapan tahun, menjadi pertanda buruknya kinerja pemerintah memperhatikan rakyat. “Ini sungguh diluar dugaan, seharusnya rencana pembangunan pasar telah diwujudkan, ini kemunduran bagi pemerintah Papua,” kata Kajoi, Rabu.

Menurutnya, seharusnya perlu ada ukuran sampai sejauh mana pasar bagi pedagang Papua ‘sangat penting’, jika memang itu merupakan prioritas pertama, maka tak ada alasan untuk tidak dibangun.

“Pemerintah seharusnya mengambil langkah tegas untuk mewujudkan aspirasi pedagang Papua itu,” ujarnya.

Kajoi berpendapat, aksi sejumlah elemen di Jayapura membantu pedagang Papua agar bisa berjualan ditempat yang layak, perlu diikuti oleh pemerintah. “Saya kira pemerintah tak boleh lepas tangan dengan masalah ini, intinya, pasar harus segera dibangun,” pungkasnya

Rencana pembangunan pasar bagi pedagang asli Papua telah didengungkan semenjak Sembilan tahun silam. Rencananya pasar tersebut akan dibangun ditengah Kota Jayapura dengan arsitektur Papua.

DPRD Kota Jayapura pernah membentuk Pansus pasar, namun hasilnya belum terealisasi padahal rancang bangun telah siap. (Yunus Paelo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *