Sefle: Ujian Sekolah dan Praktek Saling Menunjang

JUBI — Ujian Nasional bukan sebuah ukuran dalam menilai kelulusan karena masih banyak yang harus diperhatikan, seperti nilai praktek di sekolah.

“Sampai sejauh ini, semua masih menjadikan Ujian Nasional sebagai hasil akhir, namun kalau mau dilihat, Ujian Sekolah dan Ujian Praktek Sekolah juga sangat penting,” kata Selvianus Sefle, pemerhati pendidikan di Papua, Rabu (31/3).

Dikatakannya, untuk mengukur kebijakan Pendidikan Nasional, prestasi belajar siswa memang perlu digenjot. Meski, perlu dilihat juga kesiapan siswa apakah mampu atau tidak.

“Jadi jangan UN dijadikan sebagai hasil akhir, UAS dan Ujian Praktek di sekolah juga penting dijadikan pertimbangan,” ujarnya.

Ujian praktek adalah bagian dari tes kemampuan siswa dalam mempraktekkan materi-materi mata pelajaran yang sudah diserap selama 3 tahun.

Terkait dengan Ujian Sekolah/Madrasah, Pemerintah telah mengeluarkan Permendiknas No 15 Tahun 2009 Tentang Ujian Sekolah/Madrasah dengan disertai prosedur Operasional Standarnya. (Ronald Manufandu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *