Tekan Kebocoran Air, PDAM Gunakan Zona Pelayanan

JUBI — Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)  Jayapura, Ir. Gading Butar-butar mengatakan, untuk menekan tingginya angka kebocoran dan mendeteksi kehilangan pipa distribusi air, pihaknya menggunakan pelayanan pembagian air dengan sistem per zona.

10 zona pelayanan yang ditetapkan diantaranya, di Jaya Asri, Pemda Entrop, daerah SMA 4, Jayapura Utara, Yapis, Dok V bawah, Perumnas II, Perumnas III, Perumahan Yotefa di Abepura dan Perumahan Komando Daerah Militer (Kodim) di Sentani kabupaten Jayapura.

Ia mengatakan, pembagian pelayanan air bersih per zona ini sangat efektif dalam menekan tingginya angka kebocoran dan kehilangan pipa PDAM Jayapura.

Menurutnya, dengan adanya zona tersebut, Perumahan Jaya Asri yang sebelumnya tingkat kehilangan pipa mencapai 60 persen, kini berkurang menjadi 30-35 persen.

”Memang masih menunjukan banyaknya kehilangan air, tetapi juga sudah berhasil ditekan cukup tinggi,” ujarnya.

Untuk membuat zona air, diperlukan biaya yang cukup besar. Pada akhir tahun 2009 di wilayah Jayapura Utara yang hanya diperuntukkan bagi 230 pelanggan, PDAM harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 460 juta. (Marcel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *