4 Kadis Deiyai Minta Dolog Nabire Ganti Pengangkut Raskin

JUBI — Dinilai tidak bekerjasama, empat Kepala Distrik (Kadis) di Kabupaten Deiyai minta pimpinan Dolog Nabire segera mengganti kapal pengangkut beras untuk rakyat miskin (Raskin) di wilayah kabupaten baru itu.

“Selama ini mitra yang ditunjuk Dolog Nabire untuk mengangkut beras Raskin tidak pernah kerja sama dengan kami pihak distrik,” kata Kepala Distrik Bouwobado, Marion Dogopia kepada JUBI di Nabire, Jumat (1/4).

Keluhan tersebut telah disampaikan langsung Kepala Kantor Seksi Logistik (Kakansilog) Nabire, Syarifuddin Nurlette, Selasa lalu.

Kepala Distrik Tigi, Simon Mote menilai, pendistribusian Raskin hanya asal-asalan. Pihak pengangkut yang digandeng Dolog Nabire tidak membangun kerjasama yang saling menguntungkan. “Pengangkut maunya untung sendiri dengan mengorbankan masyarakat sasaran Raskin,” ujarnya. “Jadi, sebaiknya pihak pengangkut yang cari untung besar itu segera diganti saja.”

Senada dikemukakan Kepala Distrik Tigi Timur, Yanuarius Adii. “Kita sama-sama melayani masyarakat, jadi mitra dari Dolog seharusnya bangun komunikasi dengan kami pemerintah distrik,” ucapnya.

Kepala Distrik Tigi Barat, Fransiskus Ign Bobii menambahkan, satu kewajiban pihak pengangkut adalah membangun gudang penampungan Raskin. Tapi, sampai sekarang di setiap distrik belum bangun gudang beras.

Menurut Nurlette, penunjukkan pengangkut itu merupakan kebijakan Badan Urusan Logistik (Bulog). Pihaknya tak bisa ganti langsung, kalau persoalannya hanya karena tidak ada kerjasama antara pemerintah distrik dan mitra Dolog.

Tindakan tegas akan dikenakan kepada pihak pengangkut apabila dalam mendistribusikan Raskin ternyata tidak sampai di distrik yang bersangkutan. “Kita lihat sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku, selain ganti mitra, ya mitra yang macam-macam kita kenakan sanksi,” ujar Nurlette.

Menunjuk mitra pengangkut Raskin, kata dia, ada aturannya. Sudah ada kesepakatan dan perjanjian tertulis. (Markus You)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *