Luapan Banjir di 2 Distrik Belum Mengering

JUBI — Hujan deras yang terus mengguyur Dogiyai mengakibatkan sebagian kampung terendam banjir. Banjir juga disebabkan meluapnya Kali Tuka, Edege, Dune, Mauwa, Degei, dan beberapa kali lain.

Sejumlah ruas jalan terendam hingga mencapai 1 meter. Praktis, warga tak bisa bepergian ke kebun atau pasar. Banyak kebun milik warga setempat ikut terendam.

“Data yang kami dapat, beberapa gedung gereja, sekolah, pasar, kantor distrik terendam air. Kemudian kebun milik masyarakat juga hancur, ternak-ternak ikut terhanyut,” kata Sekda Dogiyai, Drs. Fabianus Yobee, Jumat (30/4) pagi.

“Hampir semua kampung di Lembah Kamuu terendam gara-gara selama seminggu hujan terus. Dimana-mana banjir dan genangan airnya belum turun,” ungkapnya.

Sesuai data survei di lapangan, sebut Fabianus, sedikitnya 20 kampung di 4 distrik terendam banjir akibat hujan selama seminggu. Bencana banjir yang terjadi sejak 19 April itu menyengsarakan kurang lebih 1.200 KK.

Adapun lokasi bencana banjir, 8 kampung di Distrik Kamuu Utara, 8 kampung di Distrik Kamuu Selatan, 2 kampung di Distrik Kamuu, dan 2 kampung lagi di Distrik Kamuu Timur.

“Ini bencana alam diluar prakiraan manusia, dan bencana ini memang harus ditangani segera. Kami pemerintah daerah langsung bergerak dengan memberikan bantuan berupa makanan siap saji dan beras kepada keluarga korban,” ungkap Yobee.

Diakuinya, meski dua hari terakhir hujan tidak sehebat sebelumnya, namun di Distrik Kamuu Utara dan Kamuu Selatan masih dijumpai genangan air setinggi 1 meter. (Markus You)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *