Pengurangan Diskriminasi Bagi Odha Jadi Target Kampanye HIV 2010

JUBI — Jika selama ini masih terdapat diskriminasi dan stigma yang kurang baik bagi Orang dengan HIV/AIDS (ODHA), maka hal ini akan menjadi tujuan kampanye HIV 2010 bagi Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Papua.

“Selama ini masih ada stigma dan tindakan diskriminasi, sehingga perlu di turunkan hal seperti ini,” kata Ketua Tim Kampanye HIV 2010, Gus Sutakertya, saat temu media di Rumah Makan Bintang Laut di Entrop Jayapura, Sabtu (29/5).

Dirinya menjelaskan kegiatan kampanye HIV 2010 adalah suatu Rencana Strategis (Renstra) Aksi Nasional untuk pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS periode 2007 – 2011. “Tujuan lainnya yakni peningkatan penggunaan kondom dan penundaan seks dini serta mengajak masyarakat untuk periksa atau tes HIV,” sambungnya.

Dirinya menilai selama ini masyarakat masih mendiskriminasi ODHA dan memberi stigma negatif akibat penyakit yang di deritanya.

Ia menambahkan target kampanye ini adalah untuk mereka yang memiliki usia produktif, yakni usia 15 – 50 tahun, disisi lain dalam kegiatan kampanye akan melibatkan berbagai pihak yang selama ini ikut peduli dalam memerangi masalah HIV/AIDS di Papua.

“Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 8 Juni 2010 di Jayapura dan langsung di buka oleh Gubernur Papua,” ucapnya.

“Kampanye ini memang harus dilakukan, sehingga membangun kesadaran untuk bersama-sama mengurangi dan mencegah meluasnya penyakit ini,” tuturnya.

Ia menegaskan keberadaan Infeksi Menular Seksual (IMS) merupakan salah satu faktor dalam penularan HIV, sehingga bagi penderita harus aktif dalam memeriksa kesehatannya.

“Dalam hal ini gejala infeksi seksual le bih banyak diterima dari mereka yang memiliki pasangan seksual lebih dari satu dan mereka yang pernah berhubungan dengan pembayaran,” tandasnya. (Eveerth Joumilena)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *