HIV/AIDS Kabupaten Jayapura Capai 477 Kasus

JUBI — Ketua Harian KPA, Kabupaten Jayapura, Esterlina Ayomi kepada wartawan di Sentani, Senin (31/5) mengatakan, berdasarkan data HIV/AIDS yang diperoleh KPA Kabupaten Jayapura pada Bulan Mei, penyebaran HIV/AIDS terus mengalami peningkatan.

“Hingga Bulan Mei, ada 477 kasus HIV/AIDS yang ditemukan,” katanya. Menurut Esterlina jumlah ini jika dibanding tahun 2009 terjadi peningkatan. Sementara itu, dari data yang ada pada akhir tahun 2008, penderita HIV/AIDS di Kabupaten Jayapura mencapai 277 orang. Diakhir 2009 jumlahnya 423 orang.

Dikatakan, kenaikan jumlah kasus yang  mencapai 477, jelas sangat mengejutkan. Dari sisi lain meningkatnya jumlah kasus, sebenarnya juga mengidentifikasikan bahwa semakin banyak jumlah penderita HIV dan AIDS yang sadar sehingga mau memeriksakan dirinya secara sukarela di puskesmas-puskesmas melalui VCT (Voluntary Counselling Testing).

Menurut Esterlina, dari 18 Puskesmas yang ada di Kabupaten Jayapura,15 diantaranya telah memiliki ruang VCT, sehingga sangat memudahkan masyarakat untuk melakukan konseling.

“Kita berharap jika mereka sudah melakukan pemeriksaan, masyarakat bisa sadar untuk tidak menyebarluaskan,” ujarnya.

Ayomi mengatakan perkembangan HIV/AIDS terus mendapat perhatian dari KPA Kabupaten Jayapura dan pemerintah. (Yunus Paelo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *