DPT Merauke Capai 138.298 Pemilih

JUBI — KPUD Merauke pada 23 Juni 2010 lalu, telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Hasil yang diperoleh melalui proses verifikasi data pemilih itu, ditetapkan ada sebanyak 138.298 pemilih.

Yakni dengan rincian, laki-laki sebanyak 72.665 pemilih dan wanita 65.633. Sementara jumlah TPS didata sebanyak 403 buah.

Bagian Teknis Pemilu, Djaya Ibnu Su’ud kepada sejumlah media, Jumat (25/6) mengatakan, kendati demikian, dengan pertimbangan belum ditetapkannya bakal calon bupati-wakil bupati, maka KPUD Merauke masih memberikan kesempatan kepada PPS melalui KPUD, untuk menyampaikan laporan jika terjadi penambahan data jika ditemui ada warga yang belum terdaftar hingga 27 Juni 2010.

Dengan ditambahnya waktu pendataan DPT, kata dia, diharapkan dapat meminimalisir jumlah pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT, karena syarat mutlak untuk menentukan pemilih pada pemilukada 9 Agustus nanti, harus terdaftar dalam DPT.

“Intinya, KPU telah melaksanakan usaha-usaha maksimal dengan mengumumkan waktu penambahan DPT pada tanggal 8-12 Juni lalu. Jika ada yang belum terdata, maka dapat mendaftar di PPS setempat kemudian dilaporkan ke tingkat atasnya,” jelas Djaya.

Ditanyai perbandingan jumlah DPT jika dibandingkan DPT pada Pileg dan Pilpres sebelumnya, Djaya mengatakan, terjadi penambahan sebanyak 11.000 pemilih .  Walaupun dalam DPS ditetapkan angka 146.662 pemilih, namun terjadi pengurangan setelah dilakukan proses pemutakhiran yang dilakukan di tingkat PPS.

Untuk penambahan terbanyak, lanjut Djaya, terjadi di Distrik Kaptel dan Distrik Merauke. Penambahan di Distrik Kaptel, dipengaruhi adanya perusahaan, sedangkan penambahan di Distrik Merauke, dipengaruhi adanya fluktuasi keluar masuk penduduk, ditambah dengan usia jumlah pemilih pemula yang mengalami kenaikan. (Indri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *