Pemda Asmat Latih Kebijakan Akutansi

JUBI — Demi mewujudkan pemerintahan yang aman, bersih dan terbuka, serta akuntabel pada publik, Ikatan Akuntansi Indonesia menggelar sosialisasi kebijakan akuntasi di lingkup Pemda Asmat, selama 2 hari sejak Kamis kemarin.

Kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan sumber daya manusia yang handal, berkualitas serta bermartabat untuk mencapai perubahan lebih baik secara sistematik di dalam tubuh Pemda Asmat.

Ketua Panitia, Marinus Fomestinek, Jumat, mengatakan, kegiatan sosialisasi dan pelatihan yang berlangsung dua hari di Gedung Ja Asmanam Apcamar Asmat itu diikuti peserta dari para Kasubag keuangan di lingkungan SKPD, bendahara penerima dan bendahara pengeluaran, serta bendahara barang tiap SKPD di Kabupaten Asmat.

Pelaksana Tugas Harian Sekda Kabupaten Asmat, Elisa Kambu menerangkan, reformasi pengelolaan keuangan sebenarnya sudah diatur dalam UU No 17 tahun 2003 tentang keuangan Negara dan UU Nomor 1 tahun 2004 tentang perbendaharaan Negara.  Sehingga diharapkan tata kelola keuangan di Asmat dapat mengacu pada aturan tersebut. “Aturan-aturan ini telah disinkronisasi,” ujarnya.

Dia juga mengingatkan agar sejumlah pengalaman pada tahun sebelumnya di lingkup Pemda Asmat seperti hambatan dalam pengelolaan keuangan daerah bisa dibenahi kembali. ”Kalau memahami baik semua ketentuan yang disampaikan dalam hal pengelolaan keuangan daerah, maka bisa mewujudkan tata pemerintahan yang baik,” tandasnya. (Willem Bobi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *