Penertiban Baliho Tunggu Penetapan Balon

JUBI — Menyikapi maraknya pemasangan baliho oleh sejumlah bakal calon (balon) di Kabupaten Merauke, KPUD Merauke menghimbau agar setiap balon maupun tim sukses, untuk sama-sama menahan diri guna menjaga situasi tetap kondusif.

Bagian Teknis Pemilu KPUD Merauke, Djaya Ibnu Su’ud, Jumat (25/6) mengatakan, penertiban baliho itu sendiri akan dilakukan setelah penetapan balon pada 29 Juni mendatang.

“Setelah penetapan nanti, kami akan mengaturnya dengan balon mengenai tempat-tempat mana saja yang bisa dipasang. Kemudian untuk ruang publik, akan digunakan oleh KPU sebelum masuk masa kampanye,” jelasnya.

Untuk ketegasan KPU sendiri dalam menyikapi pemasangan baliho sebagai bentuk pelanggaran, Djaya mengaku sulit untuk menjawabnya lantaran pemasangan baliho itu belum masuk dalam tahapan kampanye.

“Saya agak sulit menjawab jika saat ini dikatakan pemasangan reklame merupakan bentuk pelanggaran. Karena, ranahnya masih Panwas selaku institusi yang mengawasi, kalau itu pelanggaran, letaknya di mana dan kewenangan siapa dan eksekusinya dilakukan di mana?” ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Satpol PP Pemda Merauke, Ramadayanto mengatakan, kewenangan penertiban baliho, pada prinsipnya dilakukan sesuai prosedur dan harus atas instruksi pimpinan.

“Jika ada surat resmi dari panwas yang ditujukan pada Pemda Merauke dan menunjuk kami, maka akan dikoordinasikan dengan kepolisian. Kami menunggu perintah, surat perintah KPU belum ada ke Pemda, dan kalau bisa disesuaikan dengan aturan yang ada,” tutupnya. (Indri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *