Migas di Asmat Akan Dikelola Investor

JUBI — Bupati Kabupaten Asmat, Papua, Yuventius Biakai mengatakan, untuk eksplorasi minyak dan gas bumi di Asmat, selanjutnya akan dikelola investor dengan melalui kontrak kerjasama.

Dikatakan Bupati Asmat, hasil survei yang pernah dilakukan di wilayah tersebut, menunjukkan kekayaan alam di Asmat sangat besar seperti di Timika dengan tambang emas yang telah dieksplorasi PT Freeport Indonesia.

“Selain kayu besi, kita kaya dengan potensi batu bara di Suru-Suru dan minyak serta gas alam,” kata Bupati Yuvensius Biakai, Selasa (31/8).

Dikatakannya, kekayaan minyak dan gas alam di Asmat selanjutnya bisa menjadi penambah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah wilayah itu.

Potensi atau kekayaan alam tersebut diketahui sejak puluhan tahun silam. Namun diakui Bupati, hasil Survei Tim peneliti asal Negeri Belanda, tidak pernah diberitahukan kepada Pemerintah Indonesia. “Kami berhasil mendapatkan peta migas dari Belanda dan itu sangat menguntungkan buat kami,” ucapnya.  

Dikatakan Biakai, pihak Investor luar negeri akan membantu mendanai sejumlah program pemerintah, termasuk menjual minyak bumi dan gas alam yang diproduksi. (Willem Bobi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *