Pembangunan Asrama Mahasiswa Telan Rp.10 Milyar

JUBI — Pembangunan gedung asrama mahasiswa asal Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, di Kota Jayapura menelan dana kurang lebih Rp.10 milyar.

Pembangunan asrama ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang, dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) mahasiswa dan pelajar yang datang dari kabupaten tersebut ke Jayapura untuk studi.

“Pemerintah terus berkomitmen menunjang SDM mahasiswa dan pelajar sebagai generasi penerus pembangunan di daerah nanti,” kata Bupati Pegunungan Bintang, Drs. Welington Wenda, Rabu (1/9)

Ia menjelaskan, pembangunan asrama tersebut dilaksanakan dalam tiga tahun anggaran, yakni pada tahun pertama 2007 di gunakan dana sebesar Rp.2 miliar lebih. “Dana 2 milyar ini digunakan untuk persiapan, pembayaran tanah dan pembangunan fondasai lantai satu dan dua,” terangnya.

Sedangkan tahap kedua tahun 2008 terpakai dana sebesar Rp. 5 miliar lebih, selanjutnya tahap ketiga untuk pekerjaan pendukung menara air, taman dan pagar asrama digunakan dana sebesar Rp.1 miliar lebih. “Jadi total dana kurang lebih sepuluh milyar untuk pembangunannya,”  ujarnya.

Selain menyediakan asrama mahasiswa, kata dia, juga dilengkapi berbagai fasiitas lainnya, seperti perpustakaan dan ruang makan serta ruang belajar. “Bukan hanya bangunan saja, tetapi juga isi perabotan dan perlengkapan yang akan digunakan selama mahasiswa menempatinya,” ungkapnya.

Asrama ini terdiri dari 32 ruang. Memiliki 28 kamar masing-masing dihuni 4 orang dengan total 112 mahasiswa. Sementara 5 kamar lainnya masing-masing dihuni 6 orang dengan jumlah 30 mahasiswa. “Jadi total mahasiswa yang akan di tampung sebanyak 142 orang,” jelas Bupati Wenda.

Dirinya berharap mahasiswa yang masuk asrama, dapat memanfaatkan bantuan pemerintah daerah secara baik. “Selain asrama putra, juga sedang di renovasi bekas asrama Jayawijaya yang lama menjadi asrama putri, persiapannya telah mencapai seratus persen,” tandasnya.

Peresmian asrama mahasiswa dilakukan Selasa (31/8) kemarin di Jalan Buper Waena, Kota Jayapura. (Eveert)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *