Putusan MK Harus Dihormati

JUBI — Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua, Marthen Fery Kareth meminta seluruh komponen, termasuk juga para kandidat menghormati putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK).

Permintaan tersebut disampaikan Fery saat memberikan sambutan pada tatap muka antara KPU Kabupaten Merauke bersama empat kandidat dan juga tim sukses di Aula KPU, Rabu (29/9).

Menurut dia, kehadirannya di Merauke, semata-mata melaksanakan amar putusan dari MK yang memerintahkan agar KPU Provinsi bersama Bawaslu Pusat, ikut mengawasi proses pentahapan hingga Pemungutan Suara Ulang di sepuluh distrik di Merauke berlangsung.

“Kita harus menjalankan putusan MK dan PSU di sepuluh distrik dijalankan dan atau dilaksanakan secara terbuka. Berbagai kesalahan terutama berkaitan dengan daftar pemilih tetap (DPT) agar diperbaiki sehingga tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari,” pintanya lagi.

Sementara Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Merauke, Benediktus Tukedjo menambahkan, suksesnya PSU menjadi tanggungjawab semua orang. Tidak hanya KPU sebagai penyelenggara maupun Panwas. “Mari kita bicarakan dengan baik-baik apa yang harus dibenahi kembali terutama DPT. Karena itu menjadi salah satu persoalan mendasar yang disengketakan di MK,” katanya. (ans)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *