Tiga Raperda Hasil Studi Banding Disiapkan Dewan

JUBI — Hasil studi banding anggota DPRD Kabupaten Jayapura, Papua, akhirnya dibuat dalam tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda).

Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Jayapura, Gidion Dodop, saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan ada tiga hal pokok yang akan diproses menjadi Perda yakni Penanganan Sampah, Kampung Asli, dan Lingkungan hijau.

“Tiga hal pokok inilah yang saat ini perlu diterapkan di Jayapura, oleh sebab itu butuh sebuah produk hukum untuk melegalisasinya,” ujar Gideon Dodop, Rabu (29/9)

Menurut Gidion, naskah akademik untuk penanganan sampah dan kampung asli sebelumnya telah dikantongi DPRD Kabupaten Jayapura, hanya saja naskah akademik untuk lingkungan hijau belum ada.

Perda penanganan sampah, kata dia, adalah untuk mengkaver masalah sampah yang sampai saat ini menjadi problema di Kabupaten Jayapura.

Sementara lingkungan hijau merupakan sebuah upaya untuk pembentukan zona-zona lingkungan, yang mana arahnya nantinya merupakan sebuah kewajiban warga masyarakat untuk memelihara lingkungan.

Ia menbambahkan, untuk kampung asli sebenanrnya pernah diagendakan untuk menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Jayapura, hanya saja DPRD saat itu belum memahami konsepnya. “Yakni mempertahankan Kampung asli baik identitas, kultur budaya dan masyarakat yang ada di dalamnya dalam perkembangan Kota yang tentu dibarengi dengan kondisi masyarakat yang juga semakin heterogen,” tandasnya. (eveerth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *