Kebebasan Pers Belum Berjalan Baik

JUBI — Gubernur Provinsi Papua, Barnabas Suebu, menilai perlindungan hukum bagi kebebasan pers atas karya jurnalistik di era demokrasi saat ini belum berjalan maksimal.

Barnabas Suebu dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III Ibrahim Is Badaruddin saat membuka kegiatan Pencerahan Advokasi Karya Jurnalistik bagi wartawan di Hotel Yudisyah Jayapura, Kamis (30/9) menegaskan, sejalan dengan era kebebasan pers yang telah diberlakukan di tanah air, wartawan dan media memiliki kebebasan untuk menghasilkan karya-karya yang lebih maju.

“Demikian pula pers di Papua maupun dalam skala nasional sekarang sudah dapat melaksanakan fungsinya yang lazim terjadi di suatu negara demokrasi,” tuturnya.

Suebu berharap, jurnalis dalam menjalankan kegiatan jurnalistik harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi agar tidak kehilangan martabatnya.

“Sebab ketika wartawan dan media kehilangan martabatnya maka tidak banyak yang dapat diharapkan dari media massa dalam memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa,” pesannya.

Kegaiatan sehari itu dihadiri berbagai media lokal serta humas dari berbagai instansi, termasuk bagian penerangan TNI/Polri. (Eveerth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *