Hasil Pemilukada Mamberamo Raya Murni Suara Rakyat

JUBI — Forum Komunikasi Mahasiswa, Pemuda dan Pelajar (Forkom) Kabupaten Mamberamo, Papua,  menilai hasil pemilihan umum Kepala Daerah (Pemilukada) yang telah berlansung di wilayah tersebut adalah sah dan murni keinginan suara rakyat Mamberamo Raya.

Penilaian tersebut disampaikan Sekretaris Forkom Mamberamo, Nelius Awaki, menyikapi hasil pleno KPUD Mamberamo yang telah menetapkan pasanan bupati terpilih, Demianus Kyeuw – Kyeuw – Robby Rumansara, sebagai bupati terpilih pertama hasil pilihan masyarakat secara lansung di Kabupaten Mamberamo Raya.

“Bagi saya, tidak ada kesalahan dan kecurangan atas kemenangan mereka, karena murni dipilih lansung oleh masyarakat,”  ujar Nelius Awaki, kepada JUBI di Jayapura, Jumat (30/10)

Awaki menjelaskan, setelah Demianus terpilih, beberapa kandidat lain sementara sedang berupaya menggugat pemilukada Mamberamo ke Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta, karena ada penilaian bahwa pemilukada yang baru saja berlangsung tidak sah.  

“Keputusan dan penetapan bupati terpilih di dukung juga oleh kami dan masyarakat setempat, jadi ini pilihan kami,” tegasnya.

Pihak penyelenggara, kata dia, sudah melakukan tahapan yang benar sejak awal pendaftaran dan persyaratan yang di tetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Sebab itu, jika ada kesalahan, maka ini faktor human error, dimana setiap manusia pasti ada kesalahan, hanya mari kita hargai proses demokrasi yang sedang berjalan dengan hasil yang dicapai,” tuturnya.

Pemilihan Umum Kepala Daerah di Kabupaten Mamberamo berlangsung sejak 14 Oktober lalu. Pesta Demokrasi ini diikuti secara seksama oleh sejumlah penduduk diam di kawasan tersebut. (Musa Abubar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *