DAP : HUT Kemerdekaan Papua Akan Digelar

JUBI — Menjelang 1 Desember 2010, yang diyakini oleh Dewan Adat Papua (DAP) sebagai Hari deklarasi kemerdekaan Bangsa Papua, DAP akan menggelar  perayaan ibadah bersama di lapangan makam Mantan Presidium Papua, Theys H. Eluay, di Sentani, kabupaten Jayapura, Papua.

Terkait dengan Hari Ulang Tahun (HUT)  Kemerdekaan Papua itu, Sekeretaris DAP, Dominikus Sorobut telah mengedarkan undangan untuk menghadiri punyak perayaan tanggal 1 Desember, pukul 10.00 WIT.

“Kami menghimbau agar masyarakat rakyat Papua yang ada di Jayapura agar dapat mengambil bagian nanti  pada HUT Kekerdekaan Papua tersebut,” katanya kepada JUBI, Senin, (29/11).

Selain itu Dominikus juga meminta agar masyarakat Papua berlibur pada tanggal 1 Desember sebagai bentuk penghormatan terhadap para pahlawan Papua yang memperjuangkan pembebasan Papua.

“Rakyat papua Harus sadar untuk mengenal siapa dirinya, dan mengenal situasinya saat ini, agar dapat mengetahui juga siapa saudara dan lawanya” ujarnya.

Dia juga menghimbau agar tidak terpancing berbagai isu yang menarah pada konflik, terlebih menjalang 1 Desember. Karena diyakini Dominikus, isu-isu yang kian merebak dalam masyarakat sengaja diseting oleh pihak-pihak tak bertangung jawab.

Selain itu ia juga menyinggung soal status pearlihan Papua ke dalam NKRI. Menurutnya, kemerdekaan bangsa Papua dianeksasi secara sepihak oleh Indonesia atas dukungan Pemerintah Amerika Serikat dan PeSERIKATAN Bangsa-Bangsa melalui perjanjian New York dan Penentuan Pendapat Rakyat Papua tahun 1969,  yang dicapnya tidak demokratis, denan penuh tekanan serta intimidasi. (Yarid AP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *