Fordem : 1 Desember Hari Berkabung Bangsa Papua

JUBI — Forum  Demokrasi Rakyat Papua Bersatu, menilai, tanggal 1 Desember adalah hari berkabung bagi bangsa Papua. Karean itu, Fordem meminta seluruh warga pribumi diminta tidak beraktivitas pada hari itu.

Pendeta Beny Giay anggota Fordem, salah satu anggota Fordem  mengatakan 1 Desember harus juga dijadikan hari berkabungan karena masih saja saja terjadi penjajahan penindasan di Tanah Papua. “Bangsa Papua selalu dibunuh dan ditindas sampai saat ini,” ujar Giay kepada saat jumpa pers di kampus STT Abepura, Senin (29/11).

Hal senada juga disampaikan, Ketua Fordem, Salmon Yumame. Dia mengatakan, perkabungan dilakukan untuk mengingat kembali kenangan penderitaan yang sudah dialami bangsa Papua pada masa lalu. “Dengan adanya berkabungan ini masyarakat Papua bisa kembali mengingat apa yang dialami,” ujarnya.   

Dalam peringatan Hari Kemerdekaan Papua, Yumame berharap agar masyarakat tidak terpancing dengan berbagai isu yang akan memunculkan konflik. Yang paling penting kata dia adalah melakukan konsolidasi sesama rakyat Papua “Kami berharap masyarakat tidak terpancing isu-isu yang tidak bertangung jawab,” harapnya.

Dalam memperingati HUT Kemerdekaan Papua, Fordem mengaku melakukan beberapa kegiatan yang bernuansa keagamaan, diantaranya, berdoa dan berpuasa, mengenakan pakaian seba hitam,dan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. “Kami berharap pada hari Rabu, agar masyarakat Papua tidak berbelanja. Sisihkan uang untuk disumbangkan bagi para korban. (Musa Abubar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *