Magay: Jika Takut, Ada Pengakuan Negara

JUBI —  Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP), Ruben Magai, mestinya pemerintah Indonesia tak terlalu mewaspadai peringatan 1 Desember yang diyakini sebagai kemerdekaan Papua.

“Pemerintah tak perlu waspada berlebihan pada tanggal 1 Dsember. Karena kalau demikian (waspada) kesannya pemerintah mengakui keabsahan Kemerdekaan Papua,” katanya kepada JUBI, Selasa, (30/11) di Jayapura.

Dia mengatakan, mestinya, sebuah sejarah masa lalu tak perlu ditakuti. Mengingat, kata di Magai, saat ini seluruh rakyat Papua telah mengenal dan mengetahui jati diri status politik dari bangsanya. Karena itu, dia meminta tak perlu menggunakan pendekatan keamanan dalam melegitimasi dari pemerintah terhadap rakyat Papua.

Karena itu dia berharap, terhadap sekelompok masyarakat yang akan menggelar berbagai aksi untuk merayakan 1 Desember tak perlu disambut dengan tindakan represif. Meski demikian, ia meminta masyarakat masyarakat Papua agar tidak terprovokasi dengan berbagai isu miring. “Rakyat Papua jangan trorpovokasi berbagai isu yang akan menimbulkan konflik,” ajaknya. (Yarid AP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *