Pempus Prioritas 11 Ruas Jalan di Papua

JUBI—Menteri Pekerjaan Umum (PU), Djoko Kirmanto mengemukakan, PU memprioritaskan  pengerjaan 11 ruas jalan strategis dan ruas usulan tambahan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Demikian disampaikan Kirmanto dalam pres-reales yang diterima JUBI, Selasa (30/11). Pernyataan tersebut disampaikan saat menerima Kaukus Papua di Parlemen RI yang dipimpin Ketua Kaukus yang juga anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Paskalis Kossay serta sejumlah anggota lain yakni anggota Komisi II DPR, Agustina Basik Basik, anggota DPR RI Paulus Yohanes Sumino dan anggota Komisi IV DPR Peggy P Pattipi (Fraksi PKB) serta Sekretaris Kaukus Papua Mudiono serta staf Kaukus Dondy.

Menurutnya, sebelas ruas jalan strategis dimaksud yakni Nabire–Wagete–Enarotali (284,77) Kilometer Timika–Mapurujaya–Pomako (44,77) kilo meter, Serui–Menawi–Saubeba (51,11) kilometer,  Jayapura–Wamena–Mulia (733) kilometer, Jayapura–Sami (364) kilometer, Jayapura–Hamadi–Holtekamp (53) kilometer dan Merauke–Waropko (557) kilometer.

Sementara empat ruas usulan tambahan yakni Ring Road Jayapura–Sentani (41) kilometer, Depapre–Bongrang (23) kilometer, Wamena–Habema–Kenyam (170) kilometer dan Timika–Potowaiburu–Enarotali (135) kilometer.

Ketua Kaukus Papua di Parlamen,  Paskalis Kosay membeberkan sejumlah hal terkait pembangunan infrastruktur yang masih menjadi persoalan di kedua provinsi tersebut.

“Pembangunan infrastruktur jalan di Papua dan Papua Barat sangat penting. Karena, akses jalan dapat membuka daerah terisolasi. Selain itu, akses jalan juga akan menurunkan biaya transportasi masyarakat baik untuk kebutuhan produksi maupun  sarana transportasi darat,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga  Paskalis menyerahkan hasil kajian terkait percepatan pembangunan infrastruktur di tanah Papua yang digelar Kaukus Papua di Hotel Kartika Chandra. Hasil kajian ini melibatkan sejumlah pihak terutama Kementerian Pekerjaan Umum dan kementerian-kementerian terkait, para pakar, akademisi, dan pihak-pihak lainnya. (ans)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *