1 Desember Mahasiswa Uncen Turun Jalan

JUBI—Puluhan mahasiswa Universitas Cenderasih (Uncen) Jayapura, Rabu 1 Desember turun ke jalan. Mereka membawa berbagai spanduk , selebaran, dan bunga. Dalam aksi tersebut, mahasiswa dari Fakutas Keperawatan Uncen tersebut menggelar aksi di pusat keramaian Abepura, tak jauh dari kampus Uncen.

Aksi tersebut merupakan bentuk solidaritas internasional dari mahasiswa Program Studi Nurse Uncen terhadap bahaya penyakit mematikan, HIV-AIDS. Penanggung Jawab kegiatan Nanang Hidayatulla mengatakan, Aksi tersebut  bertujuan mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap bahaya HIV/AIDS. Nanang bilang, untuk menurun jumlah kasus HIV-AIDS di Papua harus ada kemauan bersama untuk memerangi penyakit yang belum ada obatnya itu.

“Kita harus perangi bersama HIV-AIDS. Ini tanggung jawab kita semua,” katanya, kepada JUBI, saat melakukan aksi AIDS sedunia, Rabu, (1/12), di Jayapura.

Nanang juga mengaku, selain turun jalan, sebelumnya mereka menggelar diskusi tentang bahaya dan cara penanggulangan HIV/AIDS. Dalam diskusi tersebut dihadiri oleh Ketua Program Studi Nurse, Isak.J.H.Tukayo. S. Kp, M.Sc dan perwakilan dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Propinsi Papua. Hasil dari diskusi tersebut akan dikirim kepada KPA propinsi Papua untuk ditindaklanjuti.

Menurut data dari Dinas Kesehatan Kota Jayapura, sepanjang Januari-Agustus 2010, sebanyak 26 warga Kota Jayapura  meninggal akibat positif mengidap HIV/AIDS. Dari 26 yang dinyatakan meninggal Dunia, umumnya  wanita dan baru diketahui pada stadium tiga dan empat.

Pertengahan tahun ini, data dari  Dinas Kesehatan Kota Jayapura menyebutkan terjadi peningkatan jumlah penderita HIV/AIDS sekira 60 persen, setelah diperiksa di 12 Puskesmas yang ada di Kota Jayapura. (Marten)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *