Bunga, Lambang Cinta Kasih Hari AIDS

JUBI — Membagikan bunga sebagai lambang cinta dan kasih pada Peringatan Hari AIDS Internasional menjadi pilihan bagi FOKER LSM Papua tahun ini.

“Lambang HIV/AIDS adalah pita tetapi kami sengaja membagikan bunga sebagai Peringatan Hari AIDS kepada masyarakat karena bunga adalah lambang cinta dan kasih,” kata Erni Gewies, Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Kesehatan, Perempuan dan Anak, FOKER LSM Papua kepada JUBI (01/12) di Waena.

Laju penularan HIV di Indonesia merupakan yang tercepat di Asia yang saat ini tercatat 58 juta penduduk terinveksi HIV/AIDS dengan 22 Juta jiwa diantaranya meninggal dunia. Laju penularan HIV/AIDS di dunia saat ini mencapai 18 Ribu orang perhari dan Indonesia merupakan yang tercepat di Kawasan Asia. Statistik kasus HIV/AIDS di Indonesia hingga Tahun 2010 dalam laporan Ditjen PPM & PL Depkes RI yaitu jumlah AIDS sebanyak 21.770 dengan rincian 16.093 Jiwa adalah laki-laki, 5.578 adalah perempuan.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Papua, tercatat jumlah penderita HIV/AIDS di Papua pada Tahun 2009 mencapai 4.745 Jiwa, 94% penyebaran penyakit ini kebanyakan diakibatkan oleh perilaku seks bebas dengan berganti-ganti pasangan. “Laki-laki menjadi pemicu paling tinggi HIV/AIDS di Papua,” tutur Gewies ditengah-tengah jalannya aksi membagi bunga yang dilakukan FOKER LSM di pertigaan lampu merah Perumnas III dan I.

“Selain bunga, kami juga membagikan stiker dan brosur yang bertujuan menggalang kesadaran publik untuk membangun gerakan anti stigma dan diskriminasi terhadap orang yang terinfeksi. Kami juga mendukung hak-hak orang yang terinfeksi dan juga meningkatkan sumber daya, khususnya untuk orang terinfeksi dalam segala aspek kehidupan,” tutup Gewies (Aprila Wayar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *