PLN “Terangi” 15 Kabupaten di Papua

JUBI — Guna menerangi 15 Kabupaten di Papua dengan penerangan listrik, maka  Pihak PT. Perusahan Listrik Negara (PLN) Persero Wilayah Papua, memberikan bantuan 50 unit lampu dengan nama Solar Home System (SHS).

Bantuan itu diserahkan langsung oleh Direktur Operasi wilayah Indonesia Timur PT PLN Persero, Ir Vicker Sinaga, di Oksibil, Pegunungan Bintang, Papua, Rabu (29/12), sekaligus  bantuan dua unit mesin diesel (generator listrik) berkekuatan dua kali 250 Kwh, kepada pemerintah kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

“Pemberian bantuan dua unit mesin generator listrik itu sebagai bentuk perhatian dan kerja sama guna memberikan dan pengembangan kapasitas penerangan listrik hingga daerah pelosok,” kata Direktur Operasi wilayah Indonesia Timur PT PLN Persero, Ir. Vicker Sinaga, saat berada di Jayapura, Selasa (28/12) kemarin.

Informasi yang diterima JUBI dari dari 15 Kabupaten di Papua, juga termasuk beberapa kabupaten di Provinsi Papua Barat, seperti Maybrat dan Raja Ampat menerima bantuan yang serupa.

Dari segi ekonomi, kata dia, pemasangan panel surya cukup murah karena investasi hanya pada saat pembelian pertama dengan waktu pakai selama 20 sampai 25 tahun tanpa harus mengeluarkan biaya bulanan seperti pada layanan listrik yang disediakan PLN.

Sementara itu, epala bagian Humas PLN Papua, Dharmawan Amir Uloli, menambahkan mesin SHS itu akan diperuntukkan bagi para tokoh adat, pemuka agama dan tempat-tempat ibadah yang ada di daerah tersebut.

“SHS sangat menguntungkan dan bisa diandalkan karena bersifat berkelanjutan yaitu merupakan energi terbarukan yang sumbernya selalu tersedia di alam, sehingga kiranya ini bisa membantu untuk menerangi wilayah yang mendapat bantuan,” tandasnya. (Marcel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *