Merauke ‘Ranking’ Satu Kasus Kriminalitas

JUBI — Kapolres Merauke, AKBP Djoko Prihadi mengungkapkan, Kota Merauke menempati ‘ranking’ pertama kasus-kasus kriminalitas seperti penganiayaan, pencurian serta beberapa kasus tindak kriminalitas lain.

Jumlah kasus yang terjadi di tahun 2010 adalah 543. Sedangkan yang telah diselesaikan dan diserahkan kepada kejasaan 326 atau sekitar 60 persen.

Hal itu disampaikan Kapolres Merauke yang ditemui sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Kamis (30/12).  Menurutnya, untuk tahun 2010, angka kriminalitas mengalami peningkatan jika dibandingkan  tahun 2009 lalu  yang mencapai 489 kasus. Meski jumlahnya meningkat, namun penanganan juga lebih baik dan cepat.

Setelah Kota Merauke yang menempati ranking satu, demikian Kapolres, menyusul Semangga, Kurik dan Kuprik serta Kimaam. Sedangkan Polsek lain, hampir tidak ada.  Dalam sebulan, mungkin hanya satu kasus yang ditangani oleh penyidik disana.

Disinggung  kasus yang mendominasi,  Kapolres menambahkan,  penganiayaan serta pencurian. Khusus penganiayaan akibat orang meneguk minuman keras (miras) lokal seperti sopi dan sagero.

Rencananya pada tahun 2011, Polres akan bergandengan tangan bersama tokoh masyarakat, tokoh agama serta beberapa komponen lain  agar bisa bersama-sama mensosialisasikan tentang dampak dari miras itu sendiri. (ans)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *