Polres Nabire Tanam 1 Miliar Pohon

JUBI — Kapolres Nabire, AKBP Mohamad Rois mengatakan, setiap insan harus sadar untuk melakukan penanaman pohon minimal di sekitar rumah. Kegiatan penanaman pohon tentunya akan memberi manfaat besar di kemudian hari.

Selain dalam rangka kelestarian lingkungan, pohon  tersebut suatu kelak akan memberi kesejukan dan mampu menjawab resiko bencana alam.

“Di lingkungan Polres Nabire, kita sudah tanam pohon di beberapa tempat. Program penanaman 1 miliar pohon itu merupakan satu kewajiban bagi kami sesuai instruksi Kapolri dan Kapolda Papua,” ungkapnya, Kamis (30/12).

Penanaman pohon diawali oleh Kapolres bertepatan dengan kegiatan ibu-ibu Bhayangkari. “Program penanaman satu milyar pohon di lingkungan Polres Nabire ini adalah wujud kepedulian sekaligus upaya kami mendukung program penghijauan yang dicanangkan oleh pemerintah,” kata Rois.

Diakuinya, penanaman pohon tersebut dilakukan sebagai satu upaya sadar Polres beserta jajarannya dalam rangka mengantisipasi global warming. “Kita sadar, maka kita lakukan ini. Kita sukseskan gerakan bersama menanam pohon.”

Selain di sekitar Mapolres, penanaman pohon juga dilakukan di kawasan Polsek Wanggar dan Nabire Kota. “Jumlah yang sudah ditanam sebanyak 320 pohon. Selanjutnya kita akan tanam lagi di beberapa tempat lainnya,” ucap Kapolres Nabire.

Menurut Kepala Bagian Binamitra Polres Nabire, AKP Johanis Hadut, penanaman pohon yang telah dilakukan pekan lalu itu akan berlanjut di waktu mendatang untuk mencapai target 1 miliar pohon.

Lanjut dia, program ini diharapkan memotivasi masyarakat dan pihak lain untuk gemar menanam pohon. “Bibit yang sudah ditanam harus kita rawat sampai besar. Dan jika sudah tumbuh dan pepohonan semakin lebat, jangan lagi tebang. Hutan yang ada harus dijaga dengan baik demi masa depan generasi kita,” tandasnya.

Hadut menambahkan, “Apalagi ada isu pemanasan global (global warming), tentunya gerakan menanam pohon adalah upaya jitu saat ini.” (Markus You)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *