Kyeuw-Kyeuw – Rumansara Dilantik Pertama Pimpin Mamberamo Raya

JUBI — Hari bersejarah bagi masyarakat Mamberamo Raya, karena sejak berdirinya kabupaten ini tiga tahun silam, tepatnya 13 September 2007, daerah yang dikenal dengan sungai terpanjang di Papua ini baru saja merasakan kebahagiaan dengan dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Definitf, Demianus Kyeuw-Kyeuw dan Robby Rumansara oleh Gubernur Provinsi Papua, Barnabas Suebu, pada Sabtu (15/1) di Kasonaweja, ibu kota kabupaten Mamberamo Raya ini.

Gubernur Papua, Barnabas Suebu, mengatakan, hari ini kita semua yang hadir di Gedung DPRD ini, untuk menyaksikan suatu peristiwa penting dan bersejarah, tidak saja dalam perjalanan pemerintahan Kabupaten Mamberamo Raya, tetapi juga dalam perjalanan sejarah pemerintahan Papua secara keseluruhan.

“Hari ini kita bersama-sama menyaksikan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Mamberamo Raya yang pertama, yang terpilih secara demokratis, melalui Pemilukada yang melibatkan rakyat secara langsung. Mereka adalah saudara Demianus Kyeuw-Kyeuw, SH dan Robby Wilson Rumansara, SP sebagai Wakil Bupati,” kata Gubernur, saat melantik kedua pasangan pimpinan definitif ini, Sabtu (15/1).

Gubernur melanjutkan, pertama-tama mengucapkan selamat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh rakyat Mamberamo Raya yang telah melaksanakan hak-hak demokrasi mereka dengan baik dan terhormat,” kata Barnas Suebu.

“Saya mengucapkan selamat dan penghargaan yang tinggi kepada Komisi Pemilihan Umum dan Panitia Pengawas Pemilihan Umum kabupaten Mamberamo Raya, yang telah melaksanakan dengan baik. Saya juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada jajaran Kepolisian Republik Indonesia bersama-sama dengan seluruh unsur keamanan Negara yang telah menjaga dan memilihara ketertiban dan keamanan selaman pelaksanaan Pemilukadan ini,”  kata Suebu penuh apresiasi.

Barnabas Suebu menuturkan, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, saya selaku Gubernur Provinsi Papua atas nama Presiden Republik Indonesia, dan dengan disaksikan oleh hadirin dan Tuhan Yang Maha Kuasa, telah menuntun pengucapan janji dan melantik saudara Demianus Kyeuw-Kyeuw, SH dan Robby Wilson Rumansara.

“Saudara telah mendapatkan kepercayaan rakyat, dari Negara dan utama dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Kepercayaan yang saudara terima mengandung tanggung jawab yang tidak ringan, karena dalam tanggung jawab itu, melekat kehormatan saudara-saudara,” tegas Gubernur Papua.

Dengan mengucapkan janji itu saudara telah menyatakan bahwa saudara bertanggung jawab kepada Tuhan, kepada rakyat Mamberamo Raya, dan kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sejak hari pelantikan ini, saudara-saudara mulai bekerja keras memimpin rakyat di kabupaten ini, dan akan terus menerus melaksanakan pembangunan yang sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik.

Dalam kaitan itu, atas nama pribadi, keluraga dan seluruh jajaran pemerintah dan rakyat Provinsi Papua, saya mengucapkan selamat kepada saudara Demianus Kyeuw-Kyeuw dan Robby Wilson Rumansara.

“Saudara bukanlah orang baru bagi Mamberamo Raya. Saudara Demianus Kyeuw-Kyeuw pernah memimpin kabupaten ini selaku pelaksana tugas (Plt). Saudara berdua juga telah menyampaikan visi, misi dan program kepada rakyat Mamberamo Raya. Karena itu, saudara berdua seyogyanya bisa langsung bekerja secara penuh sejak hari pertama saudara menjabat,”t tegas Suebu kembali.

Sementara itu Bupati Mamberamo Raya, Demianus Kyeuw-Kyeuw dalam arahan singkat pada acara syukuran sekaligus lepas sambut mengatakan, dirinya bersyukur dan bersukacita mendapat kepercayaan masyarakat Mamberamo Raya sebagai bupati definitive lewat Pemilukada yang digelar 14 oktober 2010.

Bersama pasangannya Robby Ruamansara, keduanya berkomitmen sesuai dengan visi, misi dan program pembangunan siap membangun, mengangkat masyarakat Mamberamo Raya supaya bisa maju serta mampu bersaing dalam semua aspek pembangunan. Pada kesempatan itu, Kyeuw-Kyeuw dari lubuk hati yang paling dalam mengajak semua warga ikut mendukung dalam menjalankan roda pemerintahan selama lima tahun ke depan.

“Dari lubuk hati saya yang paling dalam, saya mau sampaikan bahwa saya pribadi, keluarga dan selaku bupati mengajak seluruh masyarakat Mamberamo Raya mulai dari kali Apawer sampai Nadofuai untuk bersama-sama kita membangun Mamberamo Raya ke depan menuju masa depan masyarakay Mamberamo Raya,” Demianus Kyeuw-Kyeuw yang langsung disambut tepuk tangan masyarakat.

Sementara itu, Ketua Dewan Adat Mamberamo Mamberamo Raya, Wempi Bilasi, mengajak seluruh komponen masyarakat Mamberamo Raya memberi dukungan penuh kepada Bupati dan Wakil Bupati Mamberamo Raya yang pertama.

“Kyeuw-Kyeuw dan Rumansara setelah menduduki jabatan orang nomor satu dan dua di daerah itu lebih mementingkan kesejahteraan dan kemajuan orang Mamberamo Raya,” pintanya.

“Anak berdua harus mementingkan kepentingan kami orang Mamberamo. Sudah cukup lama kami hidup terpingirkan, terisolasi hingga terbelakang dari saudara-saudara kami yang lain di pelosok tanah Papua,” katanya dengan tegas.

Bilasi juga mendesak Bupati terpilih dalam menjalankan roda pemerintahan, agar benar-benar memilih pejabat yang rela berkorban serta bekerja dengan hati buat orang Mamberamo Raya.

“Jangan pilih pejabat yang sewaktu bupati ada di Mamberamo dia tunjuk hidung, tapi kalau bupati sudah keluar, banyak pejabat rame-rame ikut terbang. Sifat ini yang harus dihilangkan mulai detik ini,” tegas Bilasi sekali lagi.

Sebagaimana diketahui kedua pasangan bupati dan wakil bupati definitif ini, memenangkan proses Pemilukada 14 Oktober 2010, setelah bertarung melawan Dorinus Dasinapa dan Markus Siganna diusung 3 partai politik, masing masing Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB), Partai Kasih Demokrasi Indonesia (PKDI)  dan Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK).

Sedangkan Demianus Kyeuw-Kyeuw dan Robby Wilson Rumansara, di usung Partai Golkar dan didukung 13 Parpol lainnya. Dengan Jumlah pemilih di wilayah itu sebanyak 15. 268 ribu jiwa. (Eveerth Joumilena)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *