Diprediksi, Orang Papua Akan Punah

JUBI — Sekretaris Presidium Dewan Papua (PDP), Herman Awom memprediksikan orang Papua akan punah, jika tidak dilakukan diproteksi. Persolan paling besar yang dihadapi adalah meningkatnya urbanisasi ke Papua dan tindak kekerasan yang dilakukan oleh negara.

“Selain Urbanisasi, bisnis militer juga jadi penyebab. Tentara tentu saja bisa melindungi kepentingan pengusaha, sedangkan  Orang Papua akan terus menuntut hak mereka. Jika tidak mencegah sejak dini, akan menjadi malapetaka bagi orang Papua dikemudian hari,” kata  Awom , Senin (31/1) kepada JUBI.

Kata Awom, jika orang asli tak ada upaya untuk menghalangi persoalan ini maka penduduk asli Pribumi akan menjadi minoritas. “ lama kelamaan ras orang Pribumi akan hilang,” cetusnya.

Menurutnya, secara tidak sadar masalah ini sementara berlangsung. Dengan demikian diharapkan dibendung secepatnya. “Kalau bisa kasus ini dihentikan secepatnya agar tak berlanjut. Jika tak dicegah maka orang Papua jadi korban,” tandasnya.

Hal ini disampaikan, karena Pdt. Awom tidak menginginkan orang Papua mengalami nasib serupa dengan orang Aborigin di Australia yang menjadi minoritas di atas tanah sendiri. (Musa Abubar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *