MRP Didesak Buka Ruang Dialog

JUBI — Komponen gerakan masyarakat pribumi Papua yang tergabung dalam Koalisi Rakyat Papua Untuk Bersatu (KRPBKP) mengingatkan ketua Majelis Rakyat Papua (MRP), Agus Aula agar segera buka ruang dialog   masyarakat pribumi Papua terkait berakhirnya masa tugas anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) pada tanggal 31 Januari 2011.

Koordinator Rakyat Papua Untuk Bersatu (KRPBKP), Usama Usman Yogoby menyatakan dialog dengan Ketua MRP bertujuan untuk mempertanggungjawabkan kinerja seluruh anggota MRP selama lima tahun. ”Kami minta Ketua MRP buka ruang dialog agar berikan tanggungjawab yang tepat  terutama dari sisi keberpihakannya kepada masyarakat pribumi Papua,” ujar Usama Usman Yogoby, di kantor MRP di Kotaraja,  Senin (31/1).

Dia mengaku,  komit KRPBKP sama dengan pernyataan orang Papua lainnya tentang lembaga kultur tersebut, yakni  Pertama, pembubaran MRP pada tanggal 31 Januari 2011. Kedua, Legislatif dan eksekutif di Tanah Papua segera mengantar pulang Otsus Papua ke Jakarta.

Ketiga, segera diadakan dialog Jakarta dengan masyarakat pribumi Papua yang difaslitasi pihak ketiga yang netral untuk membahas  permasalahan di Tanah Papua. “Jika MRP sendiri tidak mendukung pernyataan ini, maka MRP lebih baik dibubarkan saja dari Papua,” ujarnya. (Karolus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *