Dominikus Amote Mewakili Unsur Adat Wilayah Selatan Di MRP

JUBI — Impian dan harapan masyarakat dari Kabupaten Boven Digoel, agar utusan kelompok masyarakat adat yang akan menjadi anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) untuk periode 2010-2015, terjawab setelah dilakukan voting oleh masing-masing perwakilan dari dua kabupaten yakni Merauke dan Boven Digoel.

Proses pemilihan dilangsungkan di aula Hotel Asmat, Selasa (1/2). Untuk diketahui saja bahwa unsur adat dari Merauke  dan Boven Digoel adalah  Yohanes Petrus Kamarka, Thimoteus Ndiken, Albert Moyuen, Dominikus Amote, Marselino Yomkondo dan Kanisius Benpop.

Dalam proses pemilihan pertama, musyawarah tidak berhasil dibangun, sehingga dilakukan voting. Dari voting itu, Dominikus meraih suara terbanyak dan akan dilantik menjadi anggota MRP.  Sedangkan Thimotius Ndiken dan Albert Moyuen sebagai PAW nanti.

Ketua Panpil Wilayah X,  Oktavianus Kaize mengatakan, untuk perwakilan dari kaum perempuan, masih sedang berlangsung dan belum diketahui hasilnya. Tetapi yang jelas prosesnya tetap sama. “Saya akan memberikan pemahaman kepada keenam utusan agar bisa sama-sama mengerti. Artinya bahwa unsur adat sudah dari Boven Digoel, sehingga perwakilan perempuan diberikan kepada orang Merauke,” katanya.

“Memang tidak ada aturan yang diamanatkan demikian, tetapi karena kita adalah saudara. Sehingga  perlu adanya pengertian baik diantara semua. Tetapi itupun tergantung musyawarah bersama dari keenam perwakilan baik dari Merauke maupun Boven Digoel,” tandasnya. (ans)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *